China Jawab Kritikan Amerika Atas Korea Utara

oleh
China Jawab Kritikan Amerika Atas Korea Utara

China Jawab Kritikan Amerika Atas Korea Utara

OMEDIAPC.com – China menjawab kritikan cuitan Presiden A.S. Donald Trump yang menyatakan bahwa dia “sangat kecewa” atas sikap China menyusul uji coba rudal Pyongyang akhir-akhir ini, selain itu isu keamanan di semenanjung Korea dikatakan Trump tak ada reaksinya di negara tirai bambu tersebut dimana semua pihak sedang mencari solusi.

Cina merupakan sekutu terdekat Korea Utara, dan dengan meningkatnya eskalasi politik di Korut, negeri Panda ini semakin tertekan dengan kritikan Amerika dan Jepang yang menegaskan bahwa mereka harus berbuat lebih banyak untuk mengendalikan Pyongyang. meskipun pihakBeijing tidak merestui uji nuklir dan peluncuran rudal Korut yang terus berlanjut.

Korea Utara mengatakan pada hari Sabtu bahwa pihaknya telah melakukan uji coba rudal balistik antarbenua yang membuktikan kemampuannya untuk menyerang daratan Amerika Serikat.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berbicara kepada Trump pada hari Senin dan menyetujui perlunya diambil tindakan lebih pada Korea Utara, hal ini sebagai langkah lanjutan setelah Duta Besar A.S berbicara di PBB.

Pernyataan Gedung Putih mengatakan bahwa kedua pemimpin tersebut “setuju bahwa Korea Utara menimbulkan ancaman serius terhadap Amerika Serikat, Jepang, Republik Korea Selatan, dan negara-negara lain di sekitarnya.

Trump mengatakan “menegaskan kembali komitmen ketat” untuk membela Jepang dan Korea Selatan dari serangan apapun, “dengan menggunakan kemampuan Amerika Serikat secara penuh”.

Trump menulis di Twitter pada hari Sabtu setelah uji coba rudal Korut bahwa dia “sangat kecewa” atas China yang sebelumnya meraih keuntungan dari perdagangan antara kedua negara (AS – Beijing). namun dianggap tidak memiliki sikap untuk Amerika Serikat berkaitan dengan Korea Utara, sesuatu yang tidak akan dia izinkan untuk dilanjutkan.

Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke Reuters menanggapi tweet Trump, mengatakan bahwa isu nuklir Korea Utara tidak muncul karena China dan setiap orang perlu bekerja sama untuk mencari sebuah resolusi.

“Semua pihak harus memiliki pemahaman yang benar mengenai hal ini,” katanya, menambahkan masyarakat internasional secara luas mengakui upaya China untuk mencari sebuah resolusi.

Inti dari perdagangan Sino-A.S adalah saling menguntungkan dan saling menguntungkan, dengan sejumlah besar fakta membuktikan perkembangan bisnis dan hubungan perdagangan yang sehat bagus untuk kedua negara, kementerian menambahkan.

Wakil Menteri Perdagangan China Qian Keming, mengatakan bahwa tidak ada hubungan antara isu Korea Utara dan China-AS. perdagangan.

“Kami pikir isu nuklir Korea Utara dan perdagangan China-AS adalah isu yang berada dalam dua wilayah yang sama sekali berbeda, tidak terkait, tidak harus dibicarakan bersama,” kata Qian.

China adalah mitra terbesar Korea Utara dalam melakukan sebagian besar perdagangannya, dan berulang kali mengatakan bahwa hal tersebut mengikuti resolusi PBB yang diberlakukan pada Korea Utara, namun mereka juga mengecam sanksi sepihak AS karena tidak membantu meredakan konflik.