Cara Mengatasi Mulas Saat Hamil Secara Alami

529 views

Cara Mengatasi Mulas Saat Hamil Secara Alami, Kehamilan menyebabkan perubahan besar pada tubuh ibu hamil yang mempengaruhi fungsi organ secara signifikan, Mulas Saat Hamil terjadi karena adanya intensitas tertentu dalam saluran pencernaan dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh ibu hamil sebagai cara beradaptasi secara alami dengan bayi didalam rahim.

Cara Mengatasi Mulas Saat Hamil

Apa yang menyebabkan mulas selama kehamilan?

Selama kehamilan, tubuh wanita hamil melepaskan sejumlah besar estrogen dan progesterone, yaitu jenis hormon yang bekerja dengan otot tubuh termasuk sistem pencernaan. Hal ini membuat proses pencernaan pada ibu hamil kinerjanya jadi lebih lambat sehingga nutrisi makanan yang dikonsumsi ibu hamil dapat diserap dengan baik oleh janin sebagai asupan pertumbuhan dan perkembangan bayi didalam kandungan ibu.

Mulas Saat Hamil terjadi karena adanya Relaksasi dari sistem pencernaan ibu hamil pada katup antara perut dan kerongkongan yang syogyanya katup ini bekerja harus tertutup sementara ketika makanan dicerna, tetapi pada kasus ibu hamil organ tubuh bekerja sedemikian rupa beradaptasi dengan perkembangan rahin dan janin, pada waktu cairan lambung datang melalui kerongkongan maka saat itulah faktor yang menyebabkan mulas.

Simak juga artikel: Stres saat hamil: Berbahayakah Pada Kehamilan?

Apakah aman mulas selama kehamilan?

Mulas Saat Hamil adalah normal pada wanita hamil dan merupakan gejala yang sangat umum terjadi selama kehamilan. Fakta ilmiah menunjukan bahwa diperkirakan sekitar 50% dari wanita hamil menderita mulas pada masa kehamilan.

Mulas Saat Hamil Setelah Bulan Ketiga

Fase kehamilan seorang ibu berbeda-beda, tetapi Mulas Saat Hamil yang diakibatkan keasaman biasanya terjadi setelah bulan ketiga kehamilan dan meningkat intensitasnya atau lebih besar terjadi pada kuartal ketiga.

Simak juga artikel: Kontraksi Asli Dan Palsu, Bagaimana Membedakannya?

Cara Mengatasi Mulas Saat Hamil

  • Setelah makan usahakan ibu hamil jangan langsung tidur, tapi tunggulah satu hingga dua jam setelahnya agar cairan lambung tidak beranjak naik melalui kerongkongan yang pada akhirnya menyebabkan mulas
  • Minum banyak cairan. Disarankan ibu hamil untuk minum antara 8-10 gelas air sehari-hari dan megkonsumsi makanan yang lembut agar mudah dicerna
  • Hindari makan makanan yang menyebabkan mulas, seperti jeruk, makanan kaya lemak, makanan pedas, cafein, makanan berminyak, dll.
  • Ketika berbaring usahakan kepala dan kaki anda ditopang dengan bantal agar lebih tinggi posisinya guna menghindari Mulas Saat Hamil

Demikian jurnal hamil kali ini semoga dapat bermanfaat sekaligus menambah wawasan anda dalam mencari artikel tentang kehamilan terutama untuk mengatasi Mulas Saat Hamil, silahkan dishare/bagikan agar lebih bermanfaat buat ibu hamil lainnya…

Mulas Saat Hamil

Berita Lainnya