Cara Deteksi Anak Autis Sejak Dini

738 views

Tips Sederhana Mendeteksi Autisme Pada Anak Dengan Penciuman

Mendeteksi autisme pada anak-anak biasanya sulit dilakukan karena banyak indikator autisme tidak jelas selama pengembangan perilaku pada anak sejak usia bayi. Tetapi para ilmuwan baru-baru ini menemukan tes penciuman bau non-verbal yang secara akurat dapat mendeteksi apakah anak mengalami spektrum autisme sejak dini/bayi atau tidak.

Deteksi Anak Autis Sejak DiniMenurut para Ilmuwan, tes penciuman sederhanan diarahkan pada dua hal bau yang berbeda dan bertolak belakang yaitu anta bau sedap menyenangkan dan bau yang tidak sedap untuk dihirup sebagai cara menentukan Deteksi Anak Autis Sejak Dini. Manusia secara alami bernafas lebih dalam ketika kita mencium sesuatu yang kita sukai, seperti bunga atau cokelat. Tapi ketika bau yang tidak menyenangkan datang, orang cenderung untuk bernapas sedikit atau bahkan menahan nafas mereka. Tapi respon alam bawah sadar ini tidak dipicu oleh orang-orang dengan autisme. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang-orang dengan autisme memiliki gangguan kecil dalam otak yang menghambat “model tindakan internal,” autisme mempengaruhi respon otak terhadap rangsangan sensorik.

Menurut Science News, penelitian ini dipimpin oleh Noam Sobel dari Weizmann Institute of Science, bersama dengan Liron Rozenkrantz dan timnya. Penelitian mereka menunjukkan bahwa gangguan autisme anak ini cukup signifikan untuk dicatat dan cukup handal untuk mengkonfirmasi gangguan autisme pada anak-anak.

Tim melakukan tes penciuman sederhana kepada 18 anak-anak pada spektrum autisme dan 18 anak-anak yang berkembang normal. Menggunakan selang khusus yang ditempelkan pada hidung anak, kemudian dihembuskan secara aman dan teliti aroma menyenangkan dan tidak menyenangkan melalui selang tabung secara bergantian dan terdeteksi reaksi penciuman bau oleh anak-anak normal dan anak autis hasilnya sungguh berbeda. Biasanya, anak-anak normal akan bereaksi terhadap bau tak sedap dalam 305 milidetik, tetapi anak-anak dengan autisme tidak bereaksi sama sekali.

“Perbedaan pola penciuman antara anak-anak normal dan anak dengan gangguan autisme ternyata luar biasa dapat dibedakan,. “Kami dapat mengidentifikasi autisme dan prilakunya dengan akurasi yang cukup kentara hanya dalam waktu kurang dari 10 menit dengan menggunakan tes yang benar-benar non verbal. Hal ini menimbulkan harapan baik bahwa temuan ini bisa membentuk dasar untuk pengembangan alat diagnostik lanjutan yang dapat diterapkan sejak dini, seperti untuk mendeteksi gangguan autis pada bayi. Diagnosis dini tersebut akan memungkinkan untuk dilakukan pola intervensi yang lebih efektif dikemudian hari.

Noam Sobel baru-baru ini menemukan fakta lain yang menarik tentang indera penciuman bahwa setiap individu ketika menentukan rasa pada waktu melakukan penciuman bau yang berbeda begitu unik, mendasari para ilmuwan dapat mengidentifikasi orang-orang tertentu hanya dengan melihat bagaimana mereka menggambarkan bau tertentu tersebut sebagai reaksi dalam Cara Mudah Deteksi Anak Autis Sejak Dini.

Deteksi Anak Autis

Berita Lainnya