Bulan Sya Ban: Awal Bulan Sya’ban 2017 Jatuh Pada Tanggal 28 April

Bulan Sya Ban: Awal Bulan Sya'ban 2017 Jatuh Pada Tanggal 28 April

Bulan Sya Ban: 2017

OMEDIAPC.COM – Bulan Sya Ban – Awal Bulan Sya’ban 2017 Jatuh Pada Tanggal 28 April, hal ini merunut kepada hasil putusan dari Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang mengumumkan bulan Sya’ban 1438 Hijriah jatuh pada hari Jumat (28/4/17).

Putusan hasil Ikhbar ini dilansir Nu.or.id berdasarkan hasil pengamatan atau observasi langit yang dilakukan oleh tim rukyah Lembaga Falakiyah PBNU.

Penetapan Bulan Sya Ban dinyatakan oleh Ketua Lembaga Falakiyah PBNU KH Ghazalie Masroeri yang mengatakan, rukyat yang dilakukan pada Rabu (26/4) petang atau bertepatan dengan 28 Rajab berkesimpulan bahwa hilal tidak terlihat di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga, bulan Rajab disempurnakan menjadi tiga puluh hari (istikmal).

“Terima kasih atas partisipasi dan kontribusi Nahdliyin (dalam rukyat kali ini),” katanya kepada pers.

Ikhbar ini sesuai dengan data hisab Lembaga Falakiyah PBNU yang memprediksi bahwa tanggal 1 Sya’ban akan berlangsung pada Jumat Pon, 28 april 2017. Tinggi hilal pada pantauan Rabu petang mencapai -0 derajat 23 menit 37 detik.

Setelah Bulan Rajab, akan datang bulan Sya’ban. Bulan Sya’ban termasuk salah satu bulan yang diagungkan dalam Agama Islam. Pada malam Nisfu Sya’ban, Allah SWT turun ke langit dunia dan memberi syafaat bagi siapa saja yang meminta pada malam itu hingga terbit Fajar.

Sya’ban adalah bulan kedelapan dalam hitungan kalender hijriah. Dalam bahasa Arab (syi’ab) memiliki arti jalan di atas bukit. Di bulan ini umat Islam dianjurkan mengamalkan amalan-amalan yang diajarkan Baginda Nabi Muhammad SAW, khususnya pada malam pertengahan bulan Sya’ban yang disebut Nisfu Sya’ban.

Rasulullah SAW bersabda:

“Jika terjadi malam nisfu Sya’ban, maka shalatlah kamu sekalian pada malam harinya, dan puasalah kamu sekalian pada siang harinya. Karena sesungguhnya Allah Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi turun pada malam tersebut ke langit dunia, mulai dari terbenam matahari dan berfirman.

This Article Was Written By Tyara Venasya

Media Internet membuka Inspirasi bagi Penulis yang kreatif dengan berbagi informasi

Tyara Venasya

Leave a Comment