Bob Dylan Raih Penghargaan Nobel Sastra 2016

OMEDIAPC.COM – Penyanyi dan penulis lagu Bob Dylan raih Penghargaan Nobel Sastra pada hari Kamis sebagai dedikasinya “telah menciptakan ekspresi puitis baru dalam tradisi lagu Amerika yang bagus,” demikian sambutan kata-kata dari Akademi Swedia.

Bob Dylan lahir tanggal 24 Mei 1941, di Duluth, Minn. dan dibesarkan di Hibbing. Ia menjalani masa remaja dengan bermain diberbagai grup band, musiknya banyak dipengaruhi oleh musisi folk Woody Guthrie, penulis Generation Kocok dan penyair modernis.

Bob Dylan Raih Penghargaan Nobel Sastra 2016

Bob Dylan adalah warga Amerika pertama yang memenangkan Nobel Sastra sejak novelis Toni Morrison pada tahun 1993. Pengumuman penghargaan dilakukan di Stockholm, kabar ini merupakan sesuatu yang mengejutkan. Karena Bob Dylan sering disebut kurang memiliki sense untuk kategori Nobel karyanya dianggap tidak sesuai dengan alur sastra novel, puisi dan cerita pendek yang merupakan tradisi penghargaan Nobel Sastra.

Mantan pemain bass Rolling Stones, Bill Wyman menulis dalam 2013 Op-Ed esai di The New York Times, ia berdebat tentang Dylan apakah layak untuk mendapatkan Penghargaan. “Liriknya indah, menyuarakan tentang keprihatinan yang terbukti abadi, dan beberapa penyair dibeberapa masa telah mempengaruhi kinerjanya.

Dylan pada tahun 1961 pindah ke New York dan mulai tampil di klub dan kafe di Greenwich Village. Tahun berikutnya, ia menandatangani kontrak dengan produser rekaman John Hammond untuk debut albumnya yang bertitel , “Bob Dylan” (1962). banyak album yang lain yang digambarkan oleh Swedish Academy memiliki “dampak yang luar biasa pada musik populer,” termasuk “Bringing It All Back Home” dan “Highway 61 Revisited” (1965), “Blonde On Blonde” (1966) dan “Blood on The Trek “(1975),” Oh Mercy “(1989),” Time Out Of Mind “(1997) dan” modern Times “(2006).

“Bob Dylan telah mencatat sejumlah besar albumnya bernuansakan kemanusiaan seperti kondisi sosial manusia, agama, politik dan cinta,” kata Swedish Academy di catatan biografi ketika pengumuman penghargaan Nobel Sastra 2016 ‘.

Lirik-lirik lagu Bob Dylan secara berkesinambungan dan terus-menerus telah diterbitkan dalam edisi baru, selain dikenal sebagai seniman musik, Bob Dylan memiliki bakat multi talenta ia juga aktif sebagai pelukis, aktor dan penulis skenario.