BMKG: Gempa Mentawai 1 September 2017 Tak Berpotensi Tsunami

oleh
BMKG: Gempa Mentawai 1 September 2017 Tak Berpotensi Tsunami

BMKG: Gempa Mentawai 1 September 2017 Tak Berpotensi Tsunami

Gempa Mentawai 1 September 2017 menurut BMKG berada pada koordinat episenter 1,33 Lintang Selatan dan 99,65 Bujur Timut dengan kekuatan 6,2 Skala Richter terjadi pada pukul 00.06.56 WIB, 57 km arah timur laut Kota Muara Siberut, Kepulauan Mentawai Propinsi Sumatera Barat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Goncangan gempa Mentawai juga dirasakan di wilayah Padang, Pariaman, Painan, Kepualauan Mentawai, Tanah Datar, Solok, Mukomuko,Bengkulu Utara, Kepahiang dalam skala intensitas II SIG-BMKG (V MMI).

“Lokasi episenter gempa ini terletak di Samudra Hindia di bawah Cekungan Busur Muka (Fore Arc Basin) antara Kepulauan Mentawai dan Pantai Barat Sumatra.”

Dilihat dari kedalaman hiposenternya, gempa hari ini 1/9/2017 tergolong dalam kategori gempa bumi dangkal, dimana pusat gempa terjadi karena adanya penyesaran naik akibat subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

“Akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia, tepatnya di zona transisi Megathrust-Benioff. Tidak dipicu oleh aktivitas Sesar Mentawai (Mentawai Back Thrust), melainkan murni akibat aktivitas subduksi lempeng,” Staff Daryono menambahkan.

BMKG juga menegaskan, wilayah digoncang gempa Mentawai hari ini yang mengalami tingkat SIG bervariasi di kisaran SIG I dan II. Dengan skala I dan II, BMKG menjelaskan gempa dirasakan namun tidak menimbulkan kerusakan dan warga dihimbau untuk tetap tenang dan waspada.