Biografi – Sir John Cornforth Ilmuwan Kimia Penerima Nobel

oleh
Sir John Cornforth Ilmuwan Kimia Penerima Nobel
Sir John Cornforth Ilmuwan Kimia Penerima Nobel
Sir John Cornforth ulang tahun ke-100 diperingati google

Omediapc.com – Siapa Sir John Cornforth?  Dia adalah seorang Profesor yang menerima penghargaan dalam bidang Kimia terkait jasa besarnya dalam penemuan yang membantu jutaan pasien didunia.

John Cornforth lahir di Sydney pada 7 September 1917. Sedari kecil ia belajar akademisi dengan cara tak lazim karena mengidap otosklerosis yaitu sejenis penyakit telinga bagian dalam yang menyebabkan daya pendengarannya berkurang hingga menginjak usia 20 tahun pendengarannya mengalami tuli total.

Perjalanan Hidup dan Biografi singkat tentang Fakta siapa Sir John Cornforth Ilmuwan Penerima Nobel Kimia berikut ini bisa anda lihat mengapa google memperingati ulang tahunnya ke-100 di Beranda Doodle hari ini.

Bersama Rita Harradence calon pendamping hidupnya dikemudian hari, Cornforth memenangkan beasiswa untuk belajar mendapatkan gelar pascasarjana di Universitas Oxford dan mereka pun menikah pada tahun 1941. Pasangan Ilmuwan ini lalu menulis lebih dari 40 makalah ilmiah mengenai subyek seperti struktur hormon 3D.

Temuan dan penelitian John Cornforth membuka pintu bagi penemuan lainnya, termasuk pengembangan obat penurun kolesterol yang bermanfaat dikemudian hari bagi jutaan pasien terkait pemeriksaan struktur bahan kimia kompleks seperti enzim, yang sangat penting dalam proses kimia tubuh.

Pada tahun 1968 Cornforth dianugerahi Medali Davy bersama dengan koleganya George Popják. Dan pada tahun 1975 John menerima penghargaan Nobel bidang Kimia dengan ilmuwan Kroasia Vladimir Prelog, yang juga mempelajari stereokimia (struktur 3D) molekul organik dan reaksi.

Sir John Cornforth bekerja sebagai profesor di universitas Warwick dan Sussex selama masa karir emasnya, dia selalu menyertakan peran sang istri meskipun Harradence tidak pernah disebut sebagai penerima nobel namun sang suami membaginya sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi dan pendamping hidup yang kuat.