Biografi Sigmund Freud Tokoh Psikoanalisis Ilmu Psikologi

581 views

Sigmund Freud adalah ahli saraf asal Austria terkenal dan merupakan salah satu tokoh terbaik dalam mengembangkan teori dan teknik dari psikoanalisis bidang ilmu psikologi.

Biografi Sigmund Freud

Sigmund Freud dilahirkan pada tanggal 6 April 1856 di Freiberg yang sekarang dikenal sebagai Republik Ceko, Freud mengembangkan psikoanalisis, sebuah metode di mana seorang analis bekerja membongkar konflik bawah sadar berdasarkan asosiasi bebas, mimpi dan fantasi pasien. Teorinya tentang s3ksual1tas anak, l1b1d0 dan ego, serta pandangan lainnya menjadi masukan dalam konsep akademik paling berpengaruh dari abad ke 20.

Biografi Sigmund Freud Tokoh Psikoanalisis Ilmu Psikologi

Awal karier Sigmund Freud

Sigmund Freud dilahirkan di kota Austria Freiberg, ketika ia berusia empat tahun, keluarganya pindah ke Wina, ia tumbuh besar disini dan menjadi kota tempat tinggal untuk bekerja dan menghabiskan sisa hidupnya. Ia .

Sigmund Freud adalah seorang mahasiswa yang cerdas, mampu belajar delapan bahasa berbeda. Ia mengenyam pendidikan kedokteran dan menerima gelar kedokterannya tahun 1881, kemudian bergabung dengan sebuah praktek yang mengkhususkan diri dalam bidang “gangguan saraf.”

Pernikahannya setahun kemudian dianugrahi enam anak, anak bungsunya bernama Anna juga menjadi seorang psikoanalis terkemuka. Setelah lulus kuliah kedokteran, Freud segera mendirikan klinik sendiri dan mulai mengobati berbagai gangguan psikologis. Ia lalu mulai mengembangkan sendiri analisisnya dan lebih cenderung menjadi seorang ilmuwan daripada seorang dokter, ia berusaha untuk memahami pengetahuan tentang psikologi manusia.

Di awal kariernya, Freud sangat dipengaruhi oleh Josef Breuer seorang teman dan koleganya dikota Wina, yang telah menemukan cara untuk mendorong histeris uninhibitedly pasien untuk dapat berbicara tentang gejala dan kejadian awalnya.

Terinspirasi oleh Breuer, Sigmund Freud mengemukakan bahwa neurotik memiliki asal-usulnya dari perjalanan dan pengalaman traumatis yang telah terjadi di masa lalu pasien. Dia percaya bahwa kejadian tersebut telah dilupakan dan tersembunyi dari alam bawah sadar. Pengobatan diambil sebagai langkah untuk memberdayakan pasien agar mengingat kembali pengalaman kealam sadar mereka, Freud dan Breuer menerbitkan teori dan temuan mereka dalam studi histeria (1895)

Publikasi Kontroversial Sigmund Freud

Setelah bekerja sama dalam beberapa waktu, Breuer mengakhiri hubungan kemitraan, ia merasa bahwa Freud menempatkan terlalu banyak penekanan pada asal usul s3ksual pasien neurotik dan sangat terbuka untuk mempertimbangkan sudut pandang lain.

Sigmund Freud terus menyempurnakan argumen sendiri dan pada masa periode analisis diri ia menerbitkan The interpretasi Dreams pada tahun 1900. Setahun berikutnya mengeluarkan Psychopathology of Everyday Life dan ditahun 1905 menerbitkan Three Essays on the Theory of S3xual1ty.

Pada masa itu penghormatan besar yang diberikan kepada teori-teori Freud tidak terbukti dalam beberapa tahun. Sebagian besar ilmuwan seperti Breuer pada zamannya berfikir, penekanannya pada s3ksual1tas itu memalukan. Pada tahun 1909, ia diundang untuk memberikan serangkaian kuliah di Amerika Serikat. setelah kunjungan dan penerbitan bukunya ditahun 1916, kelima kuliahnya tentang psikoanalisis, tumbuh dan berkembang secara eksponensial.

Peninggalan Sigmund Freud

Teori Sigmund Freud tentang energi psikis, Oedipus complex dan importance of dream, tidak diragukan lagi dipengaruhi oleh penemuan-penemuan ilmiah lain ilmuwan yang berada di zamannya. perumusan prinsip baru oleh Helmholtz, menyatakan bahwa energi dalam sistem fisik tertentu selalu konstan, memberi ide kepada Freud tentang penyelidikan ilmiah pikiran manusia.

Kisah kematian Sigmund Freud

Setelah menjalani kehidupan yang konstan dalam penelitian, Sigmund Freud melakukan bunuh diri setelah meminta dosis m0rf1n yang mematikan dari dokter ketika ia diasingkan di Inggris pada tahun 1939, langkah tragis ini diambil karena freud mengalami kanker mulut akibat kebiasaannya mengkonsumsi cerutu.

Biografi Sigmund Freud Siapakah Sigmund Freud

Related Post