Berita Suriah: Ledakan Bom Mobil Truk Menewaskan 48 Orang

Berita Suriah: Ledakan Bom Mobil Truk Menewaskan 48 Orang
Korban Perang Suriah

OmediaPc.com – Berita Suriah Terkini, Setidaknya 48 orang tewas pada hari Sabtu di kota perbatasan Suriah – Azaz setelah sebuah bom truk meledak di sebuah pasar yang ramai pengunjung.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, yakni kelompok berbasis di Inggris menyusun laporan dari Suriah, mengatakan ledakan itu berasal dari bahan bakar atau air truk tangki. Enam dari yang tewas adalah pejuang pemberontak dan sisanya adalah warga sipil.

Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut ditengah gencatan senjata yang didukung oleh Turki dan Rusia, dua kekuatan diplomatik paling penting dalam perang Suriah selama lima tahun.

Kota Azar yang menjadi lokasi ledakan terletak di sepanjang perbatasan Turki, sekitar 30km utara Aleppo, pernah diduduki ISIS selama enam bulan pada 2013, dan kelompok militan ini telah disalahkan atas beberapa serangan di wilayah karena didorong keluar oleh serangan pemberontak.

Ledakan hari Sabtu itu terjadi beberapa jam setelah Ankara mengatakan telah menyelesaikan putaran baru serangan udara terhadap sasaran negara kelompok ekstremis, menewaskan 21 pejuang dan menghancurkan bangunan dan kendaraan.

Khalil Abdulrahman, 42, mengatakan pengemudi kendaraan bunuh diri telah membajak melalui pos pemeriksaan pemberontak dan langsung menuju pasar dan sebuah gedung pengadilan di dekatnya.

“Hanya warga sipil bekerja di tempat itu. Ada begitu banyak orang tewas, begitu banyak cedera,” katanya.

Menurut Jumaa Rahhal, seorang pejabat kesehatan setempat, setidaknya 140 orang terluka dalam serangan itu.

Populasi Azaz telah mengalami pertumbuhan setahun lalu saat ribuan orang melarikan diri serangan pro-pemerintah di seluruh Aleppo. Tiga pengungsi Irak juga ada diantara orang yang tewas dalam ledakan truk pada hari Sabtu, kata Rahhal.