Bahaya Skip Challenge Dapat Menyebabkan Kerusakan Otak

oleh
Bahaya Skip Challenge Dapat Menyebabkan Kerusakan Otak
Bahaya Skip Challenge Dapat Menyebabkan Kerusakan Otak
Bahaya Skip Challenge Dapat Menyebabkan Kerusakan Otak
Bahaya Skip Challenge Dapat Menyebabkan Kerusakan Otak

Omediapc.com – Skip challenge adalah tren permainan berbahaya yang tidak disadari oleh pelakunya dapat menimbulkan efek tak sadarkan diri karena otak mengalami hipoksia atau kekurangan oksigen, kondisi otak seseorang yang kekurangan oksigen dalam beberapa saat bisa menimbulkan kerusakan otak permanen bahkan menjurus kepada kematian.

Apa yang menjadi tren dikalangan remaja sekolah saat ini adalah satu contoh yang tidak bisa dibenarkan, mereka menganggap Skip Challenge sebagai suatu tantangan ‘menarik’ tanpa menyadari dampak negatif dari permainan yang menekan dada tepatnya diarea jantung hingga menyebabkan pelakunya lemas dan tak sadarkan diri alias pingsan.

Menekan dada sekerasnya untuk mendapat efek tersebut dijelaskan oleh Yoga Yuniadi seorang Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Rumah Sakit Harapan Kita, ia menjelaskan, penekanan pada area dada tersebut dapat menyebabkan menurunnya kadar oksigen dalam darah atau disebut hipoksia.

“Berdasarkan video, yang terjadi adalah penekanan dada yang cukup keras untuk menghalangi upaya napas, tapi tidak cukup keras untuk mengubah pola denyut jantung. Jadi akibatnya kadar oksigen darah menurun,”

Yoga juga menambahkan, ketika seseorang mengalami hipoksia, bagian pertama terkena dampaknya adalah organ otak, dan jika otak tidak mendapat asupan oksigen yang cukup bisa menyebabkan penurunan kesadaran hingga kejang-kejang seperti yang terlihat dari banyak video Skip Challenge dikalangan remaja, efek terburuk hipoksia ini dapat menyebabkan kerusakan otak secara permanen.

“Hipoksia otak bila terjadi 4 menit akan menyebaban kerusakan otak yang bersifat permanen,” Demikian penuturan Dokter ahli jantung tersebut mengemukakan.

Salah satu alasan paling aneh mengapa para remaja Sekolah melakukan Skip Challenge adalah mereka merasa tertantang dan ketagihan melakukan aksi yang menjurus kepada bahaya yang tidak disadari itu, mereka menganggap permainan ini bisa mendatangkan kepuasan dan kesenangan bagi pelakunya.

Oleh karenanya permainan Skip Challenge sudah seharusnya dihentkan, dampak dan bahayanya justru menjadi ancaman serius dibandingkan dengan kesenangan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, permainan menekan dada seseorang ini ternyata sudah dilarang di Amerika karena telah merenggut korban jiwa dan berbahaya jika tidak dihentikan mulai sekarang.