Bulan Ramadhan dan Puasa dalam Islam

Bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriyah Islam dan tercatat sebagai bulan puasa. Selama bulan ini, sebagian besar umat Islam berpuasa setiap hari dari fajar sampai senja hari, puasa ini meliputi berpantang dari makanan, minuman, rokok dan hubungan intim antar suami istri.

bulan Ramadhan 2015 dan Puasa dalam Islam

Rukun islam meliputi 5 Pilar utama:

  1. Bersaksi tidak ada Tuhan yang patut disembah selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan-Nya.
  2. Sholat fardhu lima kali sehari pada waktu yang ditentukan.
  3. Puasa selama bulan Ramadhan.
  4. Zakat atau memberikan sebagian harta kekayaan kepada fakir miskin.
  5. Pergi Haji ke Baitullah bagi yang mampu setidaknya sekali dalam seumur hidup.

Puasa adalah pilar ketiga dan memiliki peran yang sangat penting dalam Islam. puasa selama bulan Ramadhan adalah ibadah wajib seperti shalat dan memberikan zakat. Namun ada beberapa orang yang dibebaskan dari kewajiban puasa, hal ini dibahas lebih lanjut di bawah nanti.
Muslim diperintahkan untuk berpuasa dalam seperti yang tertuang didalam Alquran. Al-Baqarah ayat 183.

“ َيَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ”

Allah mengatakan kepada kita: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu untuk berpuasa sebagaimana diwajibkannya atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”

Ketika Allah mengatakan ‘orang-orang yang. datang sebelum kamu, ‘Dia mengacu pada orang-orang Yahudi dan Kristen karena mereka mengikuti kitab dan nabi yang datang sebelum al Quran dan Nabi Muhammad. Oleh karena itu, Allah memberitahu kita bahwa orang-orang Yahudi dan Kristen diperintahkan untuk berpuasa juga. Ada banyak bukti dari pernyataan ini baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru.

  • Nabi Musa berpuasa ketika berada di gunung selama empat puluh hari empat puluh malam.
  • Nabi Isa berpuasa di padang gurun selama empat puluh hari empat puluh malam.

Hikmah Puasa dalam bulan Ramadhan

Hikmah berpuasa seperti bulan ramadhan 2015 ini memiliki banyak manfaat diantaranya rasa kebersamaan sesama orang muslim, tidak pandang bulu baik orang kaya maupun orang miskin diwajibkan untuk berpuasa,  si kaya mendapat hikmah pelajaran yang berharga untuk merasakan beberapa kesulitan yang dialami oleh mereka yang kurang beruntung. Selain itu Ramadhan juga dikenal sebagai bulan beramal dimana setiap amal ibadah dilipat gandakan pahalanya oleh Alloh SWT, orang miskin memiliki kesempatan menerima shodaqoh dan kebajikan yang disempurnakan orang kaya selama bulan ramadhan.

Hal ini sangat menakjubkan bahwa lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia berpuasa pada waktu yang sama, Masya Allah…

Beberapa orang yang tidak diwajibkan berpuasa dalam bulan romadhon.

  1. Muslim yang bepergian jauh atau sedang melakukan perjalanan tidak perlu berpuasa.
  2. Wanita hamil dan menyusui tidak wajib berpuasa.
  3. Orang yang sedang sakit tidak wajib berpuasa.
  4. Wanita yang sedang Haid tidak wajib berpuasa.

Tetapi semua keringanan yang diberikan atas semua itu harus digantikan waktu berpuasanya dengan memberikan qodho/ganti dibulan berikutnya nanti.

Bulan Ramadhan 2015

jadwal puasa ramadhan 2015 dimulai dan diakhiri dengan penampakan hilal dibulan baru. Ketika ramadhan berakhir orang-orang Islam merayakan akhir Ramadhan dengan Idul Fitri, salah satu hari raya dari dua hari besar Islam.