Yogya Diterjang Puting Beliung 2 Orang Meninggal Dunia

Yogya Diterjang Puting Beliung 2 Orang Meninggal Dunia

Omediapc.com – Angin puting beliung yang menyertai hujan deras menerjang wilayah Yogyakarta dan Jember pada Kamis 5 Januari 2016 sekira pukul 14.00 WIB mengakibatkan banyak rumah rusak dan pohon tumbang, hingga saat ini dilaporkan 2 orang korban meninggal

Daerah yang paling parah terkena dampak puting beliung di DIY adalah Kabupaten Sleman seperti kawasan Ngemplaksari, Kecamatan Seyegan, Cebongan, Tempel, Margomulyo. Hingga saat ini dilaporkan sebanyak 267 rumah rusak dan banyak pohon tumbang di Kecamatan Pakusari dan Sumbersari, Kabupaten Jember.

Dua warga yang menjadi korban bencana bernama Suwandi (65) asal Sumberanto dan Musia (60), warga dusun Gempal, Desa Pakusari, Kecamatan Pakusari.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan BPBD Jember masih melakukan pendataan dan penanganan darurat. “BPBD melakukan evakuasi pohon tumbang, evakuasi korban meninggal, dan memberi bantuan.”

“Data sementara berdasarkan laporan BPBD Jember terdapat 1 orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka, dan 267 rumah rusak,” Sutopo menambahkan.

Sementara itu di daerah Sleman yang terkena dampak puting beliung, dibagun Posko lapangan di Balai Desa Sumberadi. Posko penanganan bencana ini diketuai Mayor Infantri Totok. Sementara BPBD menangani wilayah Yogyakarta, Bantul, Kulonprogo dan Gunungkidul.

Bencana Puting beliung yang melanda Yogyakarta menyebabkan banyak pohon tumbang dan menimpa rumah, kerusakan meliputi rumah rusak parah dan sedang, Kerusakan rumah akibat bencana ini banyak menimpa Kecamatan Pakusari sedikitnya empat desa terdampak puting beliung, yaitu Desa Pakusari, Desa Jatian, Desa Subo dan Desa Sumberpinang.