7 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

Buah mangga terkenal bukan hanya dari rasanya yang lezat, tetapi juga mengandung kaya akan vitamin dan beta karotin, manfaat mengkonsumsi buah mangga bagi kesehatan jelas sangat berdampak positif dan diperlukan tubuh sebagai nutrisi penting manusia sehari hari.

Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain yang memang banyak terdapat di nusantara, keberadaan mangga atau mangoes (english) terkenal memiliki bau yang harum dan menggugah selera ketika dikupas dan matang ddipohon, tapi bukan hanya itu saja ternyata buah mangga juga termasuk buah yang penuh gizi dan nutrisi, berikut ini 7 manfaat mengkonsumsi buah mangga untuk kesehatan.

7 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

7 Manfaat Mengkonsumsi Buah Mangga Untuk Kesehatan

  1. Hampir dipastikan masyarakat Indonesia pernah mencicipi buah mangga karena mudah ditemui, kita tinggal membelinya dari kawasan terdekat, jika dikupas isi mangga mempunyai lapisan segar berwarna oranye keemasan dan memiliki bau yang harum, selain mengandung banyak vitamin C buah lezat ini juga kaya vitamin lain seperti B6, potasium, zat tembaga dan magnesium.
  2. Buah mangga sering dipilih menjadi salah satu bagian dari jamuan makan malam, dimana waktu mengkonsumsi paling tepat ialah dimalam hari untuk mengganti nasi yang kaya karbohidrat, karena Mangga mengandung serat tinggi maka manfaatnya dapat membantu pencernaan dan berfungsi melawan sembelit.
  3. Selain itu Mangga juga kaya dengan zat besi, mengkonsumsi mangga secara teratur dapat mengatasi anemia.
  4. Tidak sedikit orang meyakini bahwa Mangga bisa berdampak terhadap kenaikan berat badan. namun ternyata buah mangga memiliki lebih banyak kalori daripada jenis buah lain seperti pepaya atau melon yang diperlukan tubuh manusia, kandungan lemak dalam buah Mangga hanya sekitar 0,6 persen, jika anda khawatir mengalami kenaikan berat badan hindari mengkonsumsi mangga berlebihan, jadi makanlah secukupnya.
  5. Merujuk kepada buku Miracle Juice: 60 jus untuk hidup sehat, manfaat buah mangga baik untuk kesehatan karena mengandung karotin dan membantu dalam menjaga tekanan darah, serta memperkuat kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.
  6. Jika kita selama ini hanya memakan dagingnya saja setelah dikupas, disisi lain banyak orang makan buah Mangga dengan kulitnya karena kulit mangga diyakini lebih kaya akan serat dan dikenal lebih bergizi daripada daging buahnya.
  7. Buah Mangga mengandung banyak vitamin, diantaranya Vitamin C yang bermanfaat baik untuk fungsi kekebalan tubuh. Vitamin A baik untuk mata dan kulit, dll.

Jurnal ilmiah tentang manfaat buah mangga bagi kesehatan manusia diatas semoga memberi wawasan lebih kepada kita semua akan pentingnya nutrisi dan gizi yang terkandung dalam jenis buah mangga, agar pembaca mendapat manfaat sehat dari buah-buahan yang sebenarnya mudah kita dapatkan dilingkungan terdekat kita sehari hari.