Nasa Akan Ledakan Asteroid Yang Mengancam Bumi Dengan Bom Nuklir

NASA bekerja sama dengan Administrasi Keamanan Nuklir Amerika untuk menjajaki kemungkinan menggunakan bom nuklir untuk menghancurkan asteroid dan komet berbahaya yang menuju ke Bumi.

Upaya menjalin kemitraan kedua departemen tersebut guna mencari cara mempertahankan Bumi dan populasinya dari ancaman benda luar angkasa yang berbahaya seperti asteroids dan komet.

OmediaPc.com – Kerjasama Nasa dan otoritas Keamanan Nuklir AS ini dilakukan demi mencari cara untuk menangkis atau menghentikan sekitar satu juta asteroid didekat Bumi yang bisa mengancam kehidupan di planet bumi khususnya dalam kasus asteroid yang sangat besar, New York Times melaporkan.

Nasa Akan Ledakan Asteroid Yang Mengancam Bumi Dengan Bom Nuklir

Dari sekian banyaknya asteroid diluar angkasa, hanya sebagian kecil dari mereka yang telah terdeteksi dan dapat dilacak, menurut laporan.

“Seringkali, lembaga ini fokus pada potongan dan serpihan dari sebuah teka-teki, sehingga apa pun yang membawa semuanya bersama-sama adalah hal yang baik,” Bruce Betts, direktur ilmu pengetahuan dan teknologi di Planetary Society mengatakan kepada Times.

Menggunakan bom atom untuk meledakkan asteroid dapat bekerja dengan baik pada asteroid berukuran sedang dan komet antara ukuran dengan diameter 50 hingga 150 meter.

Sementara itu, Tim ilmuwan Iowa yang menguraikan visi yang sama pada konferensi NASA tahun lalu, menyatakan bahwa mereka hanya membutuhkan pemberitahuan seminggu sebelumnya untuk meluncurkan roket atau pesawat pembawa nuklir jika sistemnya dikembangkan.

Baca juga NASA Luncurkan Scout, Program Untuk Mendeteksi Asteroid Berbahaya

Istilah Hypervelocity Asteroid Intercept Vehicle atau HAIV, disebut sebagai pesawat pengangkut yang akan berhadapan dengan sebuah asteroid di luar angkasa. Perangkat ini terdiri dari pesawat ruang angkasa utama yang akan menembak asteroid / komet dan menciptakan kawah ledakan. Sekitar milidetik kemudian, pesawat ruang angkasa lain yang membawa bahan peledak nuklir akan menembakan nuklir atau bom atom dalam kawah yang akan meningkatkan efektivitas kehancuran asteroid hingga 20 kali.

Misi penyelamatan bumi dari ancaman asteroid berbahaya ini mengingatkan kita kepada film fiksi ilmiah “Armageddon” yang dibintangi Bruce willis dan Ben Afflect, dimana cara tersebut dapat membuat ilustrasi yang cukup sebagai gambarannya.

Namun, beberapa ilmuwan mengklaim bahwa fragmen batuan yang dihasilkan dari ledakan asteroid diangkasa bisa membuat situasi lebih buruk, disamping sebagai usaha untuk membelokkan arah asteroid mungkin terbukti menjadi solusi yang lebih baik.

Metode bom atom atau nuklir untuk meledakan asteroid akan menjadi solusi penting jika ancaman besar terjadi begitu cepat karena mendesaknya waktu dan usaha penanggulangan yang tidak punya pilihan lain, para ilmuwan tersebut menambahkan. “Saya ingin melihatnya sebagai pilihan terakhir,” kata H Jay Melosh, seorang ahli geofisika di Universitas Purdue di Indiana.

Baca Juga