Akibat Banjir Garut dan Tanah Longsor di Sumedang 10 Orang Meninggal Dunia

OmediaPc – Banjir Garut terjadi akibat meluapnya Sungai Cimanuk dan Sungai Cikamuri menyebabkan banjir bandang memsuki kawasan rumah penduduk dengan ketinggian air mencapai 2 meter, hingga pagi ini sudah ada delapan orang meninggal dunia yang ada dirumah sakit Guntur.

Banjir bandang garut melanda Kecamatan Tarogong Kidul, Salah seorang saksi mata kejadian dan merupakan anggota keluarga korban, mengatakan, banjir bandang terjadi di Kampung Cimacan pada Selasa malam tanggal 20/9 sekitar pukul 23.00 WIB.

“Banjir bandang terjadi tiba-tiba dan langsung merendam rumah penduduk hingga tidak sempat menyelamatkan diri,” kata saksi Entar Karyana di Rumah Sakit Guntur, menjelaskan.

Banjir Garut dan Tanah Longsor di Sumedang 10 Orang Meninggal Dunia

Sampai saat ini, dua anggota keluarganya belum dapat ditemukan karena terbawa hanyut banjir. Berdasarkan data sementara laporan dari BPBD Kabupaten Garut dilaporkan 8 orang meninggal, 1 orang belum diketahui keberadaannya, 4 orang mengalami luka berat, 26 luka ringan dan terdapat ratusan pengungsi.

Menurut data dari Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, wilayah yang terkena Banjir Garut, air bandang melanda Bayongbong, Karangpawitan, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Banyuresmi.

Dinas Rumah Sakit Guntur yang menangani korban banjir mengatakan, sedikitnya ada delapan korban meninggal ditampung di RS. Termasuk satu bayi meninggal yang belum diketahui identitasnya.

Total 10 Orang meninggal dunia dilaporkan akibat bencana banjir bandang di Garut dan bencana longsor yang terjadi di Sumedang, Jawa Barat. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan hujan dengan curah tinggi melanda kedua wilayah yang terkena bencana banjir dan longsor tersebut, ditambah lagi karena adanya resiko bahay lain yang jadi penyebab bencana.

Bencana banjir garut pada Selasa malam juga berbarengan terjadi bencana longsor yang menimpa Desa Cimareme, Sumedang Selatan. Akibat Longsor tersebut menyebabkan dua rumah penduduk tertimbun longsoran tanah dan ditemukan dua orang meninggal dunia dan dua orang dilaporkan nasibnya masih belum diketahui.

Pencarian dan penyelamatan korban banjir garut dan korban tanah longsor masih terus dilakukan oleh Tim SAR gabungan dari Basarnas, BPBD, TNI, Polri dan berbaagai elemen masyarakat lainnya.

Masyarakat di himbau agar tetap waspada akan adanya banjir susulan dan bencana longsor. Curah hujan diperirakan akan terus mengalami peningkatan hingga bulan Januari 2017 mendatang.

Baca Juga