Bos Ducati Kecewa Pelarangan Winglet MotoGP Diberlakukan Musim Mendatang

Bos Ducati Gigi Dall’Igna kembali mengulangi rasa kekecewaannya pada keputusan penyelenggara MotoGP yang melarang Winglet pada akhir musim 2016, alasan keselamatan telah digunakan sebagai cara untuk menghambat timnya, Ducati.

Pada bulan Juni lalu telah diumumkan bahwa perangkat aerodinamis Winglet atau sayap, yang dirintis Ducati tahun lalu, tidak akan diizinkan digunakan lagi pada MotoGP 2017, mengikuti larangan serupa sebelumnya di Moto3 dan Moto2 musim ini.

Bos Ducati Gigi Dall'Igna

Sementara tim pabrikan lain menyatakan kekhawatiran keamanan serta masalah estetika terkait dengan pola pengembangan winglet, Tim Ducati jelas sangat menyesalkan dengan keputusan tersebut, dan menyatakan larangan itu dibuat untuk mengurangi daya saing di MotoGP.

Berbicara dalam konferensi pers di Brno Ceko Jelang MotoGP, Dall’Igna mengatakan penggunaan Winglet adalah jawaban dari resiko keselamatan, ia menampik pernyataan yang menyebut winglet “berbahaya untuk motorsport” dan dikatakan telah membypass pengembangan keselamatan pengendara.

“Kami menggunakan sayap pertama kalinya pada permulaan tahun 2015, jadi sudah dua tahun setengah sejak kami mulai menggunakan winglet,” kata Dall’Igna.

“Kami telah mengalami banyak kecelakaan saat ini, dan tidak ada bukti bahwa sayap/winglet berbahaya untuk pengendara.”

“Menggunakan alasan melarang sayap yang bisa menimbulkan bahaya pada motorsport, karena keselamatan adalah salah satu hal yang paling penting, dan kita tidak boleh menggunakannya untuk mengurangi kinerja dari pesaing.”

Bos Ducati Gigi Dall’Igna juga menambahkan bahwa argumen melarang Winglet dapat menghemat biaya adalah tidak masuk akal, karena tim sekarang harus benar-benar memikirkan kembali konsep aerodinamis untuk tahun 2017.

“Sebab saya yakin tahun depan kita akan memiliki aerodinamika berbeda, kita harus mengembangkan mulai sekarang, karena biaya pengembangan tersebut pasti akan meningkat,” katanya.

Dall’Igna juga mengatakan ia yakin keputusan MotoGP untuk melarang penggunaan Winglet akan merugikan industri sepeda motor, karena itu akan memicu hilangnya pengetahuan lebih jauh untuk mengembangkan aerodinamis.

“Industri sepeda motor harus bekerja dengan aerodinamika lebih luas dari masa lalu, dan industri sepeda motor tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang cara kerja aerodinamika pada level tingkat tinggi,” kata Dall’Igna.

“Jadi, melarang Winglet adalah masalah serius dalam industri sepeda motor, karena kita tidak mengembangkan aerodinamika dari sekarang untuk masa depan nanti. Pengetahuan tentang aerodinamika pada akhirnya tidak akan cukup, karena tidak ada kebutuhan sejak dini ke arah sana.”

Baca Juga