FC BARI 1908 Dibeli Datuk Dr Noordin Ahmad Seharga 12 Juta Euro

Seorang pengusaha Malaysia, Datuk Dr Noordin Ahmad diyakini telah membeli saham substansial klub Serie B liga italia, FC Bari 1908 setelah sang Dato mengakuisisi kepemilikan saham sebesar 50 persen di klub Italia tersebut dengan harga sekitar €12 juta.

Berita / rumor yang beredar ini diterbitkan oleh beberapa surat kabar Italia hari kemarin yang mengklaim bahwa klub Presiden dan mantan wasit, Gianluca Paparesta yang dikutip harian tersebut mengatakan ia telah mencapai kesepakatan dengan Dewan Klub dan Direksi tentang penjualan saham kepada Dattuk Dr Noordin pada tanggal 8 April 2016 lalu.

Sementara Paparesta sendiri saat ini dikabarkan memiliki saham sebesar 95 persen di klub liga sepakbola dari selatan Italia.

FC BARI 1908 Dibeli Datuk Dr Noordin Ahmad Seharga 12 Juta Euro

Spekulasi tentang pengambil alihan kepemilikan klub atau pembelian sebagian besar saham utama keemilikan klub FC Bari 1908 terdengar santer ke publik setelah melihat bendera Malaysia nampak berkibar di teras klub selama FC Bari selaku tuan rumah menjamu lawan tandingnya Cesena di stadion San Nicola 4 April lau.

Perubahan kepemilikan klub FC Bari diharapkan akan memberikan dorongan semangat kepada semua anggota klub yang berbasis di Apulia untuk bersinergi dengan kinerja lebih baik lagi selama berkiprah di Seri B, di mana mereka saat ini berada di posisi ketiga dengan perolehan 57 poin dari 35 pertandingan.

Rumor tentang Datuk Dr Noordin Ahmad berkiprah melebarkan sayap bisnisnya dalam olahraga sepakbola bukan pertama kalinya, Datuk Noordin tertarik dengan sepak bola Italia karena ia mendapat pengaruh dari sahabatnya Grazia Innarelli seorang pengacara Italia, di markas klub Italia yang lain seperti Lazio, beliau juga dikabarkan memiliki ketertarikan untuk menjadi mitra klub tersebut

Kepemilikan FC Bari 1908 sebelumnya dikuasai oleh Paparesta yang diberitakan telah membeli saham klub dengan harga 2 juta Euro pada tanggal 20 Mei 2014 ketika klub tersebut mengalami pailit sebelum merubah nama klub menjadi FC Bari 1908 S.P.A.

Fc Bari klub italia yang dijuluki iGalletti (sang ayam) atau iBiancorossi (sang putih-merah) klub FC Bari didirikan pada tahun 1908 dan beberapa pemain sepak bola terkenal telah lahir dari klub ini sebut saja namanya seperti Gianluca Zambrotta, Leonardo Bonucci, Nicola Ventola, Antonio Cassano, Diego De Ascentis dan Andrea Ranocchia.

Masa keemasan FC Bari tercatat ketika berkiprah diseri A pada tahun 1947 klub yang sekarang ini berada diseri B tersebut pernah merasakan ketat dan manisnya bermain di liga utama, hal ini dibuktikan FC Bari dengan menduduki posisi ketujuh di Serie A, liga sepak bola papan atas Italia.