OmediaPc News - Portal Berita Indonesia

Serangan Bom Bunuh Diri Taliban Menghantam Parlemen Afghanistan

oleh Dan Andry

Bagikan

Serangan Bom Bunuh Diri Taliban Menghantam Parlemen Afghanistan

Afghanistan – Serangan bunuh diri anggota Taliban di ibukota Afghanistan, Kabul pada hari Selasa menewaskan lebih dari 30 orang dan melukai 70 lainnya, serangan berbentuk ledakan kembar menghantam wilayah ibu kota ketika suasana masih ramai.

Saleem Rasouli, seorang pejabat kesehatan masyarakat senior, mengatakan 33 orang telah tewas dalam serangan di jalan Darul Aman, dekat gedung parlemen baru. Dia mengatakan sebagian besar korban adalah anggota staf parlemen.

Pada hari yang sama, setidaknya 14 orang tewas dan puluhan luka-luka dalam insiden terpisah di provinsi-provinsi selatan volatile Helmand dan Kandahar.

Taliban segera mengaku bertanggung jawab atas serangan di Kabul tersebut, mereka mengatakan target serangan adalah sebuah minibus yang membawa staf dari Direktorat Keamanan Nasional (NDS), badan intelijen utama Afghanistan.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan seorang pembom bunuh diri menyerang minibus di wilayah Darul Aman, dan diikuti segera oleh seorang pembom mobil, yang membunuh pasukan keamanan yang hadir ditempat kejadian.

“Kami merencanakan serangan ini beberapa waktu lalu dan rencana sasaran adalah beberapa perwira senior dari badan intelijen. Kami mengirim satu pembom bunuh diri menargetkan sebuah bus mini yang membawa petugas tersebut,” katanya. “Kami melakukan apa yang kami rencanakan.”

Salah satu saksi, Sajadullah Khan, mengatakan ia melihat banyak orang terluka tergeletak di tanah setelah ledakan yang menurutnya “benar-benar membakar habis” minibus.

Presiden Ashraf Ghani mengutuk “kejahatan” serangan dan bersumpah pelaku tidak akan aman di mana saja di negara ini.

“Taliban tanpa malu-malu mengklaim bertanggungjawab menyerang warga sipil dan mereka bangga akan hal itu,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Setelah beberapa saat serangan di Kabul, sedikitnya tujuh orang tewas dan 18 luka-luka dalam ledakan di selatan kota Kandahar. belum ada yang mengaku bertanggung jawab. Di antara korban yang terluka salah satunya adalah gubernur provinsi dan duta besar Uni Emirat Arab, kata para pejabat.

Sebelumnya pada hari Selasa, seorang pembom bunuh diri menewaskan tujuh orang dan melukai sembilan ketika ia meledakkan dirinya di sebuah rumah di Helmand digunakan oleh unit NDS.

Bagikan

Lebih lama Ahmad Kurniawan Kiper Arema FC Meninggal Dunia

Lebih baru Bulan Purnama Januari 2017 Disebut Bulan Purnama Serigala

Terkait

Latest