OmediaPc News - Portal Berita Indonesia

Arab Saudi Undang Iran Bahas Pengaturan Jamaah Haji

oleh Dan Andry

Bagikan

Arab Saudi Undang Iran Bahas Pengaturan Jamaah Haji
Renovasi Kota Mekkah Haji 2016

Omediapc.com – TIMTENG, Seorang pejabat Iran mengkonfirmasi pada hari Senin bahwa Arab Saudi telah mengundang Teheran untuk membahas pengaturan ibadah haji tahunan dimana Iran tahun lalu memboikot jamaahnya setelah ratusan oang meninggal pada musim haji 2015.

Setelah kejadian tragis yang menewaskan ratusan jemaah Haji dari seluruh dunia itu, hubungan antara kedua negara memburuk, terlebih saat Saudi mengeksekusi seorang ulama Syiah, pihak Iran marah menyerbu kedutaan Saudi di Teheran, dan kemudian Riyadh memutuskan hubungan diplomatik.

Tahun lalu, Iran tidak mengirimkan warganya untuk naik haji dan menuduh Arab Saudi gagal menjamin keselamatan para jamaah. Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menyerukan negara-negara Muslim untuk mengakhiri dominasi Saudi dalam mengatur ibadah haji, sementara disisi lain, Riyadh menuduh Iran telah mempolitisasi bencana yang menimpa Haji tahun 2015.

Namun kemungkinan hubungan kedua negara ini mulai mencair setelah pada hari Senin, Ali Ghaziaskar, perwakilan Khamenei dalam urusan haji, mengatakan Iran telah “resmi menerima undangan Arab Saudi untuk bertemu dan mengadakan pembicaraan bilateral terkait haji”.

Kantor berita IRNA mengutip dengan mengatakan pembicaraan akan membahas tentang akomodasi, transportasi, keamanan, perawatan medis, visa dan perbankan, dan dilaporkan Iran akan merespon dalam beberapa hari mendatang.

Sementara itu Kementerian Luar Negeri Iran pekan lalu membantah laporan di dua surat kabar Arab bahwa Iran telah menerima undangan dari Arab Saudi untuk kembali mengikuti haji tahun depan. Reuters

Bagikan

Lebih lama Gempa Padang Sumbar 5,5 SR Terjadi Malam Ini

Lebih baru Sidang Ahok Hari Ini Selasa 10 Januari Hadirkan 5 Saksi Pelapor

Terkait

Latest