OmediaPc News - Portal Berita Indonesia

Foto Bumi dan Bulan Yang Diambil Dari Mars Oleh NASA

oleh Dan Andry

Bagikan

Foto Bumi dan Bulan Yang Diambil Dari Mars Oleh NASA
Foto NASA

OmediaPc.com – NASA, Gambar Baru yang memperlihatkan Bumi Dan Bulan Dari Mars dirilis oleh badan antariksa NASA, Foto terbaru bumi dari luar angkasa ini menunjukan bagaimana prespektif jarak dan sudut pandang berbeda dari bulan dan bumi yang dapat digambarkan oleh foto yang diambil dari planet Mars.

Selama latihan kalibrasi baru-baru ini, NASA Mars Reconnaissance Orbiter menangkap pemandangan yang luar biasa gambar bumi dan bulan dari jarak 205 juta km. Foto ini diklaim sangat jelas, kita bahkan dapat melihat benua Australia dan Asia tenggara dari sudut pandang lain.

Untuk mengkalibrasi kamera HiRISE pesawat Orbiter Mars, ilmuwan NASA telah memindai objek selain Planet Merah. Foto bumi di sebelah kanan dan satelit alaminya, bulan yang ternyata nampak tidak berdekatan seperti yang selama ini kita ketahui.

Gambar bumi dan bulan ini adalah kombinasi dari dua eksposur terpisah yang diambil pada 20 November 2016, dan telah cukup disesuaikan untuk membuat kedua obyek tampak sama-sama lebih terang karena rupa Bumi cenderung terlalu gelap. Gabungan sudut pandang menunjukkan posisi yang benar dan ukuran dari dua benda langit yang relatif terhadap satu sama lainnya.

Tak sedikit yang mengatakan bahwa posisi Bumi dan Bulan harusnya tampak lebih dekat daripada foto yang ditunjukan oleh gambar tersebut, hal ini disebabkan karena pengamatan selalu dilakukan saat Bulan hampir tepat di belakang Bumi (dari perspektif Mars). Jarak antara Bumi dan Bulan sebenarnya adalah sekitar 30 kali diameter Bumi, atau sekitar 370.000 km. Gambar di bawah menunjukkan jarak Bumi dan Bulan dalam skala.

Foto Bumi dan Bulan Yang Diambil Dari Mars Oleh NASA

Melihat Bumi dalam gambar HiRISE baru, lautan dan benua yang cukup terlihat jelas. Objek kemerahan dekat pusat bumi adalah benua Australia, dan gumpalan di sudut kiri atas adalah potongan dari Asia Tenggara, titik terang di bagian bawah adalah Antartika, sementara area terang lainnya awan.

Foto Bumi dan Bulan Yang Diambil Dari Mars Oleh NASA
Foto NASA

Sebagai informasi tambahan, Bulan kita adalah bulan terbesar kelima di tata surya, tapi merupakan satelit yang relatif terbesar jika melihat ukuran planetnya termasuk Pluto dan Charon, karena seperti yang kita ketahui Pluto bukanlah merupakan sebuah planet.

Bagikan

Lebih lama Foto Pramugari Garuda Gendong Nenek Keluar Dari Pesawat, Bernama Vera

Lebih baru Gempa Padang Sumbar 5,5 SR Terjadi Malam Ini

Terkait

Latest