OmediaPc News - Portal Berita Indonesia

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Akan Berkunjung Ke Pearl Harbour

oleh Dan Andry

Bagikan

OmediaPc.com – TOKYO, Perdana Menteri Shinzo Abe akan menjadi pemimpin Jepang pertama yang mengunjungi Pearl Harbour, berita ini diumumkan jelang perjalanan ke Hawaii bulan ini untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden AS Barack Obama.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Akan Berkunjung Ke Pearl Harbour

Abe, yang akan berada di Hawaii pada tanggal 26 dan 27, akan mengunjungi lokasi serangan mendadak Jepang pada tanggal 7 Desember 1941, yang menjadi tonggak sejarah dimulainya Perang Dunia II di Pasifik.

Kunjungan Abe ke Hawaii direncanakan setelah Obama bulan Mei lalu berangkat ke Hiroshima, kota Jepang yang menjadi tempat dimana sebuah pesawat AS menjatuhkan bom atom pertama di dunia dalam masa Perang Dunia II.

Pada tanggal 6 Agustus 1945, Hiroshima diserang bom atom yang menyebabkan 140.000 orang meninggal dalam ledakan seketika dan hari-hari setelahnya karena paparan radiasi. Beberapa hari kemudian bom lain dijatuhkan dan meledak di atas Nagasaki, yang menewaskan lebih dari 70.000 orang.

Abe memuji pidato Obama di tugu peringatan bom atom di Hiroshima, dan disinyalir disaksikan beberapa korban yang masih hidup tampak melihat kehadirannya.

Obama berpesan tentang “bagaimana menuju dunia bebas nuklir selama kunjungannya ke Hiroshima dan terukir dalam hati Jepang,” kata Abe.

“Saya ingin membuat (pertemuan dengan Obama) dalam kesempatan untuk mengirim pesan kepada dunia bahwa kita akan lebih memperkuat dan mempertahankan aliansi kami ke masa depan,” katanya.

“Dan pada saat yang sama, saya ingin membuat kesempatan untuk memberi sinyal nilai rekonsiliasi Jepang-AS.”

Perjalanan Obama ke Jepang telah memicu spekulasi bahwa Abe bisa juga mengunjungi Pearl Harbour, meskipun pemerintah sebelumnya membantah bahwa hal itu akan dipertimbangkan.

Sosial media di Jepang bereaksi positif terhadap hari pengumuman Perdana Menteri Jepang Abe Akan Berkunjung Ke Pearl Harbour

“Saya pikir itu hal yang baik,” kata @ CNBLUE_6569 di Twitter. “Setelah melihat kunjungan Presiden Obama ke Hiroshima, aku merasa yakin bahwa perdana menteri Jepang akan mengunjungi Pearl Harbour.”

“Presiden Obama datang ke Hiroshima sehingga Perdana Menteri Abe harus pergi ke Pearl Harbour,” kata pengguna Twitter @chikazoemakoto. “Saya pikir Abe membuat keputusan yang benar-benar baik.” – AFP

Related Post

Bagikan

Lebih lama EURO Jatuh ke Level Terendah Setelah Referendum Italia

Lebih baru Wapres Filipina Mengundurkan Diri dan Akan Menjadi Oposisi Presiden Duterte

Terkait

Latest