OmediaPc News - Portal Berita Indonesia

Ilmuwan Ceko Berhasil Membuat Paru-Paru Buatan

oleh Tyara Venasya

Bagikan

OmediaPc – ilmuwan Ceko telah mengembangkan sebuah model paru-paru buatan yang berfungsi untuk digunakan dalam mensimulasikan masalah seperti asma atau penyakit kronis lainnya dan untuk menentukan bagaimana cara menangani perawatannya, Reuters melaporkan.

Ilmuwan Ceko Berhasil Membuat Paru-Paru Buatan
Sebuah model dari paru-paru manusia yang dapat digunakan untuk mensimulasikan penyakit kronis dan perawatan, Brno University of Technology di Brno, Republik Ceko, 22 November 2016. REUTERS/David W Cerny

Kelompok riset dari Brno University of Technology mengatakan model paru buatan tersebut tersebut memiliki cara kerja berbasis komputer yang dapat membantu untuk merancang metode pengobatan supaya lebih akurat daripada metoda pengujian sebelumnya dan akan menyesuaikan dengan kondisi pasien.

Paru buatan ini juga dapat digunakan sebagai model referensi untuk mengembangkan obat inhalasi.

“Model ini akan menunjukkan apakah obat inhalasi akan diarahkan pada area yang ditargetkan, di mana kita membutuhkannya,” kata Miroslav Jicha, kepala tim peneliti.

Tim merancang model paru buatan yang dikembangkan dengan menggunakan pencetakan 3D dan teknologi lain – menjadi pengujian standar di Eropa dan telah menerima tiga hak paten untuk pembuatannya.

Related Post

Bagikan

Lebih lama Aksi Super Damai 2 Desember Bela Islam Jilid III Menurut Ustad Arifin Ilham

Lebih baru 5 Selamat dan 75 Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat Kolombia

Terkait

Latest