OmediaPc News - Portal Berita Indonesia

Gempa Bumi 7.8 SK Disertai Tsunami Menerjang Selandia Baru

oleh Dan Andry

Bagikan

Gempa bumi besar melanda Selandia Baru dekat kota Christchurch, menyebabkan goncangan yang kuat terasa lebih dari 120 mil jauhnya dan mennyebabkan tsunami di sepanjang pantai timur negara itu.

Gempa dan tsunami Selandia Baru

OmediaPc.com – Gempa bumi Selandia Baru ini menurut Survei Geologi AS awalnya tercatat 7,4 magnitude namun kemudian dinaikkan menjadi 7,8, terjadi hari Minggu dan berpusat di 93 kilometer (57 mil) timur laut dari Christchurch.

Departemen Pertahanan Sipil dan Penanganan Darurat Selandia Baru mengatakan di  Twitter, ancaman tsunami diberlakukan di semua pantai timur Selandia Baru, termasuk Christchurch, Wellington dan Kepulauan Chatham, dan mendesak orang-orang di kawasan tersebut untuk pindah ke tempat yang lebih tinggi.

Lembaga itu juga menyebutkan bahwa gelombang tsunami pertama tiba di pantai timur laut dari Pulau Selatan, tapi tidak mengatakan seberapa tingginya. “Gelombang pertama Mungkin tidak menjadi yang terbesar. Beberapa gelombang terus terlihat selama berjam-jam, ”

Rentang 03:40 waktu setempat, badan pengawasan memperingatkan daerah di pantai timur dekat dengan pusat gempa termasuk Chatham Islands, gelombang tsunami bisa terjadi hingga lima meter (16 kaki).

USGS mengatakan gempa Selandia Baru berpusat di kedalaman 23 kilometer (14 mil). Gempa itu diikuti oleh sejumlah gempa susulan yang cukup kuat, namun belum ada laporan tentang kerusakan besar atau cedera.

Gempa yang melanda Selandia Baru 13 November 2016 ini diperkrakan jauh lebih merusak daripada gempa pada tahun 2011, Warga mengatakan tidak ada gemuruh terdengar hanya terasa getaran, tapi gempa itu berlangsung lebih lama daripada gempa biasa yang melanda Selandia Baru.

“Aku bisa mendengar pintu bergerak bolak-balik dan kami punya alat pencuci tergantung dan saya bisa melihat benda itu bergerak gerak,” Ms. Gin mengatakan pada media. “kejadiannya terus berlangsung lama.” Rumahnya, tidak dilaporkan mengalami kerusakan akibat dampak gempa Selandia Baru kali ini.

Related Post

Bagikan

Lebih lama Berita MotoGP Terbaru Marquez Juara Dunia Lorenzo Akhiri Musim 2016 Dengan Victory

Lebih baru MotoGP 2016 Inilah Komentar Rossi dan Lorenzo Usai GP Valencia

Terkait

Latest