OmediaPc News - Portal Berita Indonesia

Fakta Ilmiah Supermoon November 2016 Bulan Purnama Terbesar Dalam 70 Tahun

oleh Dan Andry

Bagikan

Supermoon November 2016 Malam Ini Bulan Purnama Terbesar Dalam 70 Tahun terjadi karena adanya orbit bulan mengelilingi bumi berbentuk lonjong telur. Salah satu bagian dari orbit terdekat dikenal sebagai perigee, yaitu sekitar 30.000 mil lebih dekat ke bumi daripada apogee atau bagian orbit terjauh.

Fakta Ilmiah Supermoon November 2016 Bulan Purnama Terbesar Dalam 70 Tahun

OmediaPc.com – Dan jika orbit garis bulan tepat berada dengan matahari dan bumi, hal itu akan menyebabkan fenomena yang disebut perigee-Syzygy, yang berarti bahwa bulan akan terlihat jauh lebih besar di langit dan fenomena alam ini disebut sebagai supermoon atau bulan purnama besar.

Bulan purnama besar atau supermoon sebenarnya sering terlihat muncul dilangit ketika bulan purama tiba tetapi Supermoon Fenomena Bulan Purnama Besar 14 November 2016 sangat jarang terjadi apalagi supermoon asli terakhir kalinya terlihat dibumi pada tanggal 26 Januari 1948.

Bulan purnama besar atau supermoon yang merupakan orbit terdekat bulan ke bumi akan terjadi lagi 70 tahun mendatang yaitu 25 November 2034.

Menurut pengamat bulan, fenomena supermoon 2016 sulit dibedakan besarnya dibandingkan dengan bulan purnama biasa jika dilihat dengan mata telanjang namun yang pasti bila kita meyaksikan dibawah langit cerah tanpa distorsi awan atau hujan maka cahaya bulan akan sangat terlihat lebih terang.

Perbedaan supermoon dengan bulan purnama biasa adalah bulan akan terlihat 14 persen lebih besar dan akan lebih terang 30 persen daripada biasanya karena berada dalam orbit terdekat kepada bumi.

Beberapa hal lain yang menjadi fenomena bulan besar yaitu, saat purnama tiba bulan akan nampak begitu besar saat muncul pertama kali terlihat (bawah langit) ini merupakan efek dari fenomena yang disebut “ilusi bulan” Saat bulan purnama muncul didekat cakrawala, bisa terlihat ekstra besar karena adanya pohon-pohon atau bangunan di depan bulan, hal tersebut menciptakan ilusi optik dari sebuah refleksi seberapa besar objek benar-benar terlihat dari Bumi.

Supermoon 2016 terjadi tiga kali menjelang akhir tahun ini, pertama di bulan oktober lalu, 14 November dan Desember 2016, tapi Supermoon 14 november 2016 malam ini adalah fenomena bulan terbesar dalam kurun waktu tahun ini yang akan kembali muncul ditahun 2034 sebagai fenomena alam supermoon atau bulan purnama besar.

Related Post

Bagikan

Lebih lama Supermoon Fenomena Bulan Purnama Besar 14 November 2016

Lebih baru Supermoon 2016 di Indonesia Fenomena Alam Langka Dalam Astronomi

Terkait

Latest