OmediaPc News - Portal Berita Indonesia

Belajar Menghitung Dengan Jari Membuat Anak Lebih Cerdas

oleh Tyara Venasya

Bagikan

WASHINGTON: Belajar Menghitung Dengan Jari Membuat Anak Lebih Cerdas, hasil studi memberikan fakta ilmiah sebagai bahan pertimbangan bagi orang tua ketika hendak memberi pelatihan berhitung kepada anak-anak.

OmediaPc.com – Sebuah studi baru menemukan hasil penelitian bahwa anak-anak memiliki persepsi yang lebih baik lewat jari tangan mereka dan cenderung lebih terampil dalam pelajaran matematika.

Belajar Menghitung Dengan Jari Membuat Anak Lebih Cerdas

Persepsi jari, kemampuan untuk membedakan, nama, atau mengenali jari, dikaitkan dengan keterampilan matematika dan bahkan ketika seseorang tidak sedang menghitung angka, area otak yang berhubungan dengan jari-jari masih tetap aktif, kata para peneliti.

Baca Juga: Lomba Berhitung Cepat Matematika Paling Ekstrim

Dalam rangka untuk menganalisis bagaimana pikiran bekerja saat melakukan aritmatika, Ilaria Berteletti seorang peneliti dari Gallaudet University di Amerika Serikat, memindai otak dari 39 anak-anak antara usia delapan dan 13 tahun saat dilakukan pelatihan penambahan dan berhitung pengkalian angka satu digit.

Hasil scan menunjukkan dua wilayah otak yang berhubungan dengan jari yakni area somatosensori, yang merespon sensasi seperti tekanan, rasa sakit atau panas dan area motorik yang mengontrol gerakan.

Keduanya aktif selama pengurangan, meskipun anak-anak tidak menggunakan jari-jari mereka untuk sampai pada jawaban.

Tidak ada aktivitas otak yang sama selama perkalian, yang ditafsirkan para peneliti sebagai refleksi dari bagaimana anak-anak belajar untuk mengurangi dibandingkan bagaimana mereka belajar untuk penambahan, ‘The Wall Street Journal’ melaporkan.

“Anda mungkin belajar pengurangan menggunakan jari-jari Anda.

Perkalian mungkin disajikan secara lisan dan dengan menghafal jawabannya. Bagi kami, itu adalah bukti bahwa dua jenis operasi bergantung pada jaringan yang berbeda, “kata Berteletti.

Para peneliti tidak yakin apakah ada perbedaan antara penggunaan jari dapat membuat anak-anak lebih baik di matematika atau menggunakan jari untuk matematika dapat meningkatkan kecerdasan.

Namun, mereka yakin bahwa anak-anak yang memiliki persepsi jari tangan untuk belajar berhitung akan cenderung lebih baik dan lebih cerdas dalam pelajaran matematika.

Related Post

Bagikan

Lebih lama 1 Orang Tewas Dan Dua Terluka Akbat Ledakan Bom Bunuh Diri di Jepang

Lebih baru Banjir Pasteur Menggenangi Ruas Jalan Bagai Sungai

Terkait

Latest