OmediaPc News - Portal Berita Indonesia

Inilah Sejarah Hari Santri Nasional 22 Oktober 2016

oleh Dan Andry

Bagikan

Merujuk pada FP Hari Santri Nasional 2016 Tanggal 22 oktober telah ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional demi melihat kembali peristiwa bersejarah yang membawa bangsa Indonesia meraih kemerdekaan dari para penjajah.

Hari Santri Nasional 22 Oktober 2016

Sejarah Sejarah Hari Santri Nasional bermula dari Resolusi jihad yang dicetuskan oleh Pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 oktober tahun 1945 di Surabaya untuk mengantisipasi munculnya kembali kaum penjajah kolonial belanda yang mengatas namakan diri mereka NICA.

KH. Hasyim Asy’ari sebagai ulama pendiri NU menyerukan jihad dengan menyatakan bahwa upaya “membela tanah air dari penjajah hukumnya fardlu’ain atau wajib bagi setiap individu”.

Seruan Jihad yang dikobarkan oleh KH. Hasyim Asy’ari berhasil membakar semangat para santri yang merupakan bagian dari Arek-arek Surabaya kaum pejuang kala itu untuk menyerang markas Brigade ke-49 Mahratta pimpinan Brigadir Jenderal Aulbertin Walter Sothern Mallaby.

Dalam pertempuran yang berlangsung selama 3 hari berturut-turut tanggal 27, 28, 29 Oktober 1945, Jendral Mallaby tewas bersama dengan lebih dari 2000 pasukan inggris yang menyertainya.

Lihat juga: Kumpulan DP BBM Hari Santri Nasional 2016

Peristiwa meninggalnya Mallaby tersebut membuat marah angkatan perang Inggris, hingga berujung pada peristiwa berdarah 10 November 1945, dimana saat itu ribuan pahlawan gugur dalam membela kemerdekaan Republik Indonesia, sehingga setiap tanggal 10 November ditetapkan sebagai tonggak sejarah hari Pahlawan Nasional.

Kemerdekaan indonesia tidak akan pernah lepas dari peran para Ulama dan santri, mereka berjasa besar berperan aktif dalam mewujudkan Kemerdekaan, sebagaimana diungkapkan oleh Bung Tomo “sekiranya tidak ada kalimat Takbir “Allahu Akbar” saya tidak tahu bagaimana caranya membakar semangat para pejuang”, Selamat Hari Santri Nasioal 2016.

Related Post

Bagikan

Lebih lama PRI 2016 – Pekan Raya Indonesia Resmi Dibuka di BSD City Tangerang

Lebih baru Kumpulan DP BBM Hari Santri Nasional 2016

Terkait

Latest