OmediaPc News - Portal Berita Indonesia

Foto-Foto Ibadah Wukuf di Arafah Jamaah Haji 2016

oleh Dan Andry

Bagikan

OmediaPc – Foto Ibadah Wukuf di Arafah, Lebih dari satu juta Muslim dari seluruh dunia telah memulai ibadah haji 2016 di Mekkah, Arab Saudi, setelah ibadah wukuf di Arafah yang merupakan puncak ibadah haji.

Ibadah haji ke tanah suci dalam memenuhi rukun haji berlangsung selama lima hari dan pada hari Minggu ini mencapai puncaknya,  “Mulai saat fajar, para jamaah haji berkumpul untuk berdoa di gunung tempat dimana umat muslim meyakini Nabi Muhammad memberi khotbah terakhirnya 1400 tahun lalu,” menurut sebuah pernyataan.

Foto Ibadah Wukuf di Arafah Jamaah Haji 2016
Ahmad Gharbali/AFP/Getty Images

Berdoa di Gunung Arafah yang terletak 12 mil sebelah timur dari kota Mekkah, ” adalah tempat yang terbaik untuk berdoa dan menghapus dosa-dosa masa lalu dan masa yang akan datang,” Hari ini adalah waktu berdoa yang sama, ditempat yang sama pula telah dilakukan oleh semua jamaah haji disetiap tahunnya,” Para jamaah haji 2016 berasal dari lebih dari 160 negara.

Baca: Wukuf di Arafah Dipenuhi Jutaan Jamaah Haji 2016 Dari 150 Negara Dunia

Nariman El-Mofty/AP
Ahmad Gharbali/AFP/Getty Images

“Semua Muslim di Bumi berharap mereka bisa berada di sini hari ini. bersyukur kepada Allah yang telah memanggil dan mengizinkan saya untuk hadir di sini,” berkata haji dari Mesir Mahmoud Awny.

Ahmad Gharbali/AFP/Getty Images
Ahmad Gharbali/AFP/Getty Images

Ibadah Haji ke tanah suci Mekah, tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW, adalah kewajiban agama Islam. Muslim yang berbadan sehat dan berkecukupan harus menjalankannya setidaknya sekali dalam hidup, dan itu salah satu dari lima pilar utama agama. Perjalanan ibadah fisik dan spiritual yang menakjubkan.

Nariman El-Mofty/AP
Nariman El-Mofty/AP

Pemerintah Saudi telah “memperkenalkan langkah-langkah keamanan baru untuk ibadah haji tahun 2016, termasuk pemberian gelang elektronik untuk memantau jamaah dan kamera pengintai lebih dari 1000 unit dan teknologi lainnya untuk meningkatkan pengendalian jamaah haji yang berjumlah lebih dari 1,5 juta jiwa,”

Foto Jamaah Haji Asal Indonesia
Nariman El-Mofty/AP Foto Jamaah Haji Asal Indonesia yang menggendong anaknya ikut serta

Ibadah haji tahun ini tidak diikuti oleh muslim Iran karena terjadinya ketegangan antara dua negara terkait musibah haji tahun lalu yang menwaskan lebih dari 2000 jiwa, Iran dan Arab Saudi sebelumnya mengadakan pertemuan untuk membahas peningkatan keamanan dan kemudahan calon jamaah asal Iran.

Baca: Konflik Iran Arab Saudi Berdampak Pada Jemaah Haji

Jemaah Haji Iran Gagal Berangkat Karena Konflik Dengan Arab Saudi

Namun pertemuan dan pembicaraan dua negara ini tidak mencapai kesepakatan yang berujung pada pemutusan diplomatik dan berlanjut kepada pelarangan Iran kepada warganya untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah tahun ini.

Latar belakang politik sebaiknya tidak menghalangi niat seseorang untuk menjalankan ritual ziarah ibadah haji yang diwajibkan dan merupakan perintah Allah SWT. Seperti yang dilukiskan oleh haji asal mesir: “Ini luar biasa,” “Aku di sini lebih merasa dekat dengan Tuhan. Ini perasaan yang tak terlukiskan.”

Related Post

Bagikan

Lebih lama Takizo Iwasaki Pembuat Replika Makanan Di Rayakan Google Doodle Hari ini

Lebih baru HP Akuisisi Printer Samsung Senilai 1,05 Miliar Dollar

Terkait

Latest