OmediaPc News - Portal Berita Indonesia

Karya dan Biografi Ludwig Van Beethoven Maestro Musik Klasik

oleh Dan Andry

Bagikan

Komponis Ludwig Van Beethoven Diperingati Google Doodles Hari Ini

Biografi Ludwig Van Beethoven adalah seorang komposer musik klasik dunia berasal dari jerman yang lahir pada bulan Desember 1770 Ia dikenal sebagai salah satu maestro musik klasik yang pernah ada dan disejajarkan dengan komposer terkenal lainnya seperti Mozart, Beethoven dikenal juga sebagai komponis dan tokoh utama masa peralihan dari jaman klasik dan jaman romantik.

Karya terbaik Ludwig Van Beethoven yang terkenal adalah Fur Elise, Symphony, Concertos dll yang terbagi menjadi beberapa versi, Beethoven meskipun dalam keadaan tuli namun mampu melahirkan karya karya fenomenal dalam musik klasik yang masih banyak dikenang serta dimainkan sampai kini, tercatat beberapa karyanya yang ditulis wiki seperti:

Symphonies:

  1. Opus 21: Symphony No. 1 in C major
  2. Opus 36: Symphony No. 2 in D major
  3. Opus 55: Symphony No. 3 in E-flat major / Eroica
  4. Opus 60: Symphony No. 4 in B-flat major
  5. Opus 67: Symphony No. 5 in C minor / Fate
  6. Opus 68: Symphony No. 6 in F major / Pastoral
  7. Opus 92: Symphony No. 7 in A major
  8. Opus 93: Symphony No. 8 in F major
  9. Opus 125: Symphony No. 9 in D minor / Choral

Concertos:

  1. WoO 4: Piano Concerto No. 0 in E-flat major
  2. Opus 15: Piano Concerto No. 1 in C major
  3. Opus 19: Piano Concerto No. 2 in B-flat major
  4. Opus 37: Piano Concerto No. 3 in C minor
  5. Opus 56: Triple Concerto for violin, cello, and piano in C major
  6. Opus 58: Piano Concerto No. 4 in G major
  7. Opus 61: Violin Concerto in D major
  8. Opus 61a: Beethoven’s arrangement of Opus 61 for piano
  9. Opus 73: Piano Concerto No. 5 in E-flat major
  1. Hess 13: Romance in E minor for 3 soloists and orchestra
  2. Hess 15: Piano Concerto No. 6 in D major
  3. Anh. 7: Piano Concerto (Allegro) in D major

Soloist dan orchestra:

  1. WoO 6: Rondo for Piano and Orchestra in B-flat major
  2. Opus 40: Romance for Violin and Orchestra No. 1 in G major
  3. Opus 50: Romance for Violin and Orchestra No. 2 in F major
  4. Opus 80: Choral Fantasy
Biografi Ludwig Van Beethoven

Biografi Ludwig Van Beethoven

Beethoven memiliki dua saudara muda yaitu Caspar lahir pada tahun 1774 dan Johann lahir pada tahun 1776. sang Ibu bernama Maria Magdalena van Beethoven adalah seorang wanita sopan dan sangat moralistik. Ayahnya Johann van Beethoven adalah seorang penyanyi dipengadilan yang lebih dikenal sebagai alk0h*lik.

Semasa kecil bakat beethoven telah nampak setelah Ayahnya mulai mengajarinya musik dengan cara yang keras, ia tak segan memukul jika beethoven kecil melakukan kesalahan berlatih, dalam sehari Beethoven terkadang terkunci dalam gudang dan kehilangan jam tidur hanya untuk tetap bermain musik. Ia juga belajar biola dan clavier dari ayahnya serta mengambil pelajaran tambahan dari pianis di sekitar pinggiran kota tempat tinggalnya.

Beethoven adalah seorang musisi berbakat prodigiously sejak awal hidupnya dan dikenal memiliki imajinasi kreatif yang membawanya menjadi lebih baik melampaui setiap komponis sebelum dan sesudahnya.

Beethoven muda pernah tampil bermain dihadapan maestro musik kala itu, yakni Mozart, tetapi pertemuan dua maestro berbeda masa ini tak berlangsung lama, Beethoven yang masih berusia 6 – 7 tahun bermain cukup mengesankan tapi tak menerima reaksi bagus dari kalangan pers. Sementara itu, salah satu prodigy musikal yang menghadiri sekolah latin bernama Tirocinium mengatakan bahwa telah lahir seorang jenius, cerdas dan bersinar akan nampak dikemudian hari”.

Beethoven yang berjuang dengan sejumlah kekurangan seperti kemampuan untuk mengeja diseluruh masa hidupnya tetapi berapa penulis biografi telah mengeluarkan hipotesa bahwa ia mungkin memiliki disleksia ringan. Seperti yang ia katakan sendiri, “musik datang kepada saya lebih mudah daripada kata-kata.”

Tahun 1781 pada usia 10, Beethoven mengundurkan diri dari sekolah untuk fokus belajar musik kepada Christian Gottlob Neefe, lalu ia memperkenalkan Beethoven kepada Bach dan pada usia 12 Beethoven mengeluarkan karyanya yang pertama.

Pada tahun 1784 ayah Beethoven tidak lagi mampu untuk membiayai keluarga karena kesehatannya yang memburuk, lalu Ludwig van Beethoven meminta resmi diangkat sebagai asisten lapangan organ. Walaupun masih muda, permintaannya diterima, dan Beethoven diposisikan di lapangan dengan gaji tahunan yang seadanya.

Dalam upaya untuk memfasilitasi perkembangan musik, pada tahun 1787 pengadilan memutuskan untuk mengirim Beethoven ke Wina ibukota Eropa tempat sentral musik dan budaya berada, disana ia berharap untuk belajar kepada Mozart. Ada hanya spekulasi dan bukti meyakinkan bahwa Beethoven pernah bertemu dengan Mozart dan belajar kepadanya, setelah mendengar Beethoven Mozart pernah berkata, “Jaga mata Anda kepadanya, beberapa hari lagi ia akan memberikan sesuatu kepada dunia.”

Setelah beberapa minggu berada di Wina, Beethoven mendengar bahwa ibunya jatuh sakit lalu ia segera pulang ke Bonn dan menetap, Beethoven terus mengukir reputasinya sebagai musisi muda paling menjanjikan. Ketika Kaisar Romawi Joseph II meninggal tahun 1790, Beethoven yang berusia 19 tahun menerima kehormatan besar menulis musik untuk menghormatinya.

Itulah sepenggal kisah dan mahakarya dari Biografi Ludwig Van Beethoven seorang komponis besar musik klasik dunia, perjalanan sejarah beethoven seorang komponis penyandang tuna rungu dimasa masa akhir hidupnya tak membuat diri sang maestro berhenti untuk berkarya

Related Post

Bagikan

Lebih lama Cara Membuat Charger Aki Sederhana

Lebih baru Makna Hari Ibu Sebagai Momentum Kesadaran Insani

Terkait

Latest