OmediaPc News - Portal Berita Indonesia

Tanda Tanda Melahirkan Sudah Dekat

oleh Dan Andry

Bagikan

Tanda Tanda Melahirkan Sudah Dekat, apakah hari persalinan bisa diperkirakan? jawabannya tentu saja bisa, selama keterangan tentang informasi yang diberikan bersifat umum dan sesuai dengan disiplin ilmunya, tetapi untuk mengetahui secara tepat dan akurat perihal hari H kelahiran ini tidak dapat ditentuka seperti menjentikan jari secara pasti.

Artikel hamil kali ini adalah penjelasan tambahan dari artikel sebelumnya yang bertajuk Kenali Tanda Ibu Hamil Akan Melahirkan Semakin Dekat silahkan dibaca dahulu

Tanda Tanda Melahirkan

Tanda Tanda Melahirkan dapat diperkirakan berdasarkan gejala yang muncul pada ibu hamil dan itu juga masih bersifat opsional karena bisa terpengaruh oleh berbagai alasan lain yang ditemui dari kondisi setiap wanita hamil bisa berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Dari berbagai pengalaman dan informasi yang ditemui, Tanda Tanda Melahirkan normal bisa diperkirakan menurut gejala gejala kehamilan yang terjadi diakhir trimester ketiga masa kehamilan wanita, ciri ciri persalinan akan tiba secara normal mulai muncul setelah ibu hamil menginjak minggu ke 38 sampai minggu ke 40 masa kehamilannya.

Adapun yang menjadi Tanda Tanda Melahirkan Sudah Dekat cirinya meliputi hal-hal berikut ini:

Tanda Tanda Melahirkan

  • Posisi bayi turun

Jika ini merupakan kali pertama anda hamil, beberapa minggu sebelum hari persalinan anda akan mengalami yang namanya”encasing” dalam artian posisi bayi turun lebih rendah ke dalam area panggul dalam rangka persiapan kelahiran, dampaknya adalah ibu hamil akan merasakan beban tambahan diaera tersebut tetapi memberikan keleluasaan bernafas jadi lebih longgar kembali karena perpindahan posisi bayi mengurangi tekanan pada wilayah tulang rusuk.

  • Peningkatan Kontraksi

Peningkatan frekuensi dan intensitas kontraksi bisa menjadi indikasi prepartum atau tanda tanda melahirkan dan merupakan periode saat leher rahim mulai bereaksi sebagai ciri ciri melahirkan semakin dekat. Pada tahap ini, beberapa wanita hamil juga mengalami kram mirip dengan gejala sakit kepala saat menstruasi.

Namun terkadang juga ketika mendekati hari persalinan tiba, kontraksi mungkin terasa relatif menyakitkan dan terjadi dengan frekuensi selama 10-20 menit, apa yang bisa membuat Anda berpikir bahwa tenaga kerja telah dimulai.

Tetapi jika kontraksi tidak terjadi terus meningkat durasinya, atau intensitas kontraksi berdekatan ini hanya menyebabkan leher rahim membesar secara progresif, sangat mungkin bahwa yang Anda rasakan adalah yang dikenal sebagai “alarm palsu”.

Baca artikel lengkapnya tentang cara membedakan kontraksi asli dengan kontraksi palsu

  • leher rahim mulai berubah

Hari-hari menjelang kelahiran, perubahan dalam jaringan ikat leher rahim jadi melunak. Selain itu Anda dapat merasakan kontraksi terjadi sebagai tanda dan upaya membuka leher rahim sedikit demi sedikit.

Jika Anda telah berpengalaman melahirkan sebelumnya, besar kemungkinan bahwa leher rahim akan membesar satu sentimeter atau dua sentimeter menjelang kelahiran.

Namun jikalau tanggal perkiraan hari persalinan telah lewat dan belum merasakan tanda tanda melahirkan tiba, ibu hamil harus memeriksakan diri ke dokter, pemeriksaan akan dilakukan untuk melihat apakah ada perubahan di leher rahim.

  • lendir plug

Menjelang hari melahirkan tiba keadaan leher rahim akan mulai membesar, gejala yang akan muncul diantaranya keluarnya lendir plug, sejumlah lendir yang sebelumnya berada menutupi leher rahim selama sembilan bulan. Cairan lendir plug ini akan keluar selama beberapa hari. Alirannya bisa berwarna bercampur darah.

  • Pecahnya Ketuban

kantung ketuban adalah kantung cairan yang melindungi bayi didalam rahim ibu, ketika ketuban mulai pecah ibu hamil harus segera menghubungi dokter atau bidan untuk mendapatkan penanganan, pecahnya ketuban tidak perlu sedikit ataupun banyak, anda harus cepat ditangani karena menyangkut keselamatan ibu dan bayi.

Jika kontraksi tidak terjadi lagi dengan sendirinya dalam hitungan jam setelah ketuban pecah, para medis harus mendorong persalinan secepat mungkin (sebagian mengambil langkah caesar), karena bayi Anda beresiko terkena infeksi akibat tidak memiliki perlindungan terhadap kuman karena pecahnya kantung ketuban.

Ciri Ciri Akan Melahirkan Segera Tiba

Tanda Tanda Melahirkan yang pasti dimulai jika kontraksi durasinya semakin meningkat begitu pula intensitasnya. Ciri ciri melahirkan berupa kontraksi ini mungkin terjadi kira-kira setiap 10 menit di awal, tapi tidak berhenti atau berkurang seperti kontraksi palsu. Dan ketika saatnya tiba kontraksi akan terasa lebih berat dan berdekatan jarak waktunya.

Dalam beberapa kasus, kuatnya kontraksi bisa terjadi tiba-tiba. Hal ini berbeda untuk setiap wanita hamil pada setiap kehamilannya.

Demikian uraian Tanda Tanda Melahirkan Sudah Dekat semoga dapat menambah wawasan anda sebagai ibu hamil dalam mempersiapkan diri menjelang kelahiran, silahkan dishare agar bermanfaat buat wanita hamil yang lain

Related Post

Bagikan

Lebih lama Gejala Hamil Muda Tanda Tanda Wanita Sedang Hamil

Lebih baru Tanda Melahirkan Sudah Dekat Kenali Gejalanya

Terkait

Latest