OmediaPc News - Portal Berita Indonesia

Persiapan Melahirkan Ibu Hamil Agar Persalinan Lancar

oleh Dan Andry

Bagikan

Persiapan Melahirkan Ibu Hamil sangat diperlukan agar persalinan lancar, ketika memasuki fase trimester ketiga kehamilan adakalanya wanita hami dibayangi perasaan cemas dan khawatir berkenaan dengan hari proses persalinan akan segera tiba, hal ini lazim terjadi terutama bagi ibu hamil pertama yang belum berpengalaman melahirkan.

Namun kini dengan semakin banyak ragamnya informasi tentang kehamilan bisa ditemukan dengan mudah dan dapat dijadikan rujukan termasuk artikel ibu hamil diwebsite ini 🙂 dengan tujuan membantu anda calon ibu dalam mempersiapkan persalinan si buah hati

Persiapan Melahirkan Ibu Hamil

Persiapan Melahirkan Ibu Hamil Agar Persalinan Lancar

  • Informasi akurat tentang kehamilan

Ketakutan dan kecemasan wanita hamil menjelang melahirkan cenderung meningkat ketika memasuki fase trimester akhir, hal ini bisa disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi secara tidak langsung memberi masukan dan informasi yang salah kepada ibu hamil, langkah terbaik adalah anda mengetahui secara pasti proses persalinan yang akan dihadapi nanti bahwa fase menuju kelahiran semua ibu ibu hamil melewati proses yang sama, seperti mulas, kontraksi, dll. Dengan mengetahui tahapan ini secara detil akan membuat Anda merasa lebih siap dan mengurangi kecemasan pralahir.

  • Melakukan Latihan senam yoga

Jika Anda memiliki izin dari dokter untuk melakukan prenatal yoga, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan kegiatan ini yaitu olahraga senam hamil sebelum melahirkan, karena hikmah melakukan senam hamil ini bukan hanya bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar tetapu juga dapat memberi rasa nyaman selama kehamilan sekaligus memberi dampak positif sebagai persiapan persalinan.

Simak artikel Senam Yoga di Manfaat senam ibu hamil dan prenatal yoga

Penjelasan ilmiah mengapa Senam Yoga sangat bermanfaat untuk wanita hamil adalah karena latihan senam hamil ini merupakan sebuah aktivitas fisik yang mengedepakan penekanan khusus pada pernapasan dan relaksasi, dua unsur penting ini mampu memberi efek positif meredam dan mengurangi rasa sakit akibat kontraksi melahirkan.

Selain itu, latihan ini akan berfungsi banyak membantu untuk memperkuat otot-otot yang terlibat dalam proses persalinan, serta untuk melepaskan ketegangan saraf belakang.

  • Meditasi

Meditasi sangat bermanfaat untuk mempersiapkan tubuh dan pikiran mengurangi rasa sakit melahirkan. Praktek ini berbeda dengan teknik yoga, dan jika anda seorang muslimah, berdzikir secara istiqomah dan membaca ayat suci Alquran sangat dianjurkan untuk menghadapi persiapan melahirkan.

  • Latihan olahraga ringan

Aktivitas fisik secara teratur memungkinkan tubuh Anda mempunyai kondisi fisik yang baik serta memiliki ketahanan tubuh lebih kuat menjelang persalinan. Latihan olahraga ringan ini meliputi renang dan berjalan kaki setiap hari dan merupakan latihan aman yang cocok untuk wanita hamil

Simak artikel olahraga untuk ibu hamil di: Tips olahraga aman untuk ibu hamil

  • Berkonsultasi dengan dokter

langkah paling logis dalam melakukan Persiapan Melahirkan Ibu Hamil adalah berbicara dengan ahlinya, anda dapat menghubungi dokter kandungan terpercaya atau bidan disekitar untuk mendapatka saran serta informasi terkait persiapan persalinan

  • Ditemani orang terdekat saat melahirkan

Persiapan Melahirkan Ibu Hamil sudah seharusnya ditemani oleh orang terdekat ketika waktu melahirkan tiba, hal tersebut sangat bermanfaat supaya ibu hamil mendapat dukungan moril dan semangat untuk melewati proses persalinan dengan cara berada disamping anda. Ibu hamil bisa meminta pasangannya (suami) atau orang tua untuk menemani persalinan sehingga proses keseluruhan Persiapan Melahirkan Ibu Hamil Agar Persalinan Lancar dapat berjalan mudah dan sibuah hati lahir dengan selamat, silahkan dishare agar bermanfaat buat calon ibu lainnya…

Related Post

Bagikan

Lebih lama Penyebab Stres Saat Hamil Dan Akibatnya Pada Kehamilan

Lebih baru Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita Hamil

Terkait

Latest