OmediaPc News - Portal Berita Indonesia

Penyebab Stres Saat Hamil Dan Akibatnya Pada Kehamilan

oleh Dan Andry

Bagikan

Jurnal hamil kali ini mengajak pembaca terutama ibu hamil untuk mengenali Penyebab Stres Saat Hamil Dan Akibatnya pada Kehamilan, mengapa terjadi stress pada ibu hamil? normalkah setiap wanita hamil mengalami stres atau tekanan dimasa kehamilannya? silahkan simak penjelasan ilmiahnya dibawah ini.

Kehamilan adalah proses dimana terjadi perubahan besar yang dialami oleh wanita dan merupakan tantangan yang tidak ringan untuk dijalani namun semua gejala-gejala hamil yang muncul dan dirasakan ibu saat kehamilan baik itu secara psikis atau mental (stres saat hamil) pada akhirnya berbuah manis dan tak terbayarkan oleh apapun ketika sang buah hati lahir dengan selamat.

Penyebab Stres Saat Hamil Dan Akibatnya Pada Kehamilan

Kenali tanda-tanda stres pada ibu hamil

Pada umumnya stres atau tekanan yang mendera ibu hamil adalah gejala normal sepanjang tingkat kesetresannya tidak terlalu tinggi, mengapa stres pada ibu hamil dikatakan wajar? jawabannya adalah karena metabolisme tubuh wanita hamil mendapat perubahan signifikan yang disebabkan fase masa kehamilan dan tubuh ibu berusaha beradaptasi secara alami dengan perubahan yang terjadi.

Namun rasa stres ibu hamil ini apabila terus menggerogoti perasaan dan pikiran sampai berlarut larut bisa berdampak negatif dan menggangu kesehatan mental, merusak kekebalan tubuh serta depresi tinggi sebagai konsekwensi stres yang berkepanjangan.

Penyebab Stres pada ibu hamil terbagi dua bagian

  • Stres karena faktor Extern / dari luar

Sebab terjadinya stres dari luar adalah faktor-faktor yang mendukung munculnya perasaan stres, seperti lingkungan yang kotor dan bising, faktor ekonomi dll yang membuat perasaan ibu hamil menjadi terganggu dan tidak nyaman.

  • Stres karena faktor intern / dari dalam

Stres dari dalam sendiri lebih sulit untuk dikendalikan, ibu hamil dianjurkan lebih bisa meredam rasa khawatir berlebihan yang muncul dari peraasaan tentang kehamilannya dan juga harus mampu mengendalikan pikiran karena rasa waswas bisa muncul disebabkan pola pikir negatif yang terus terpelihara dalam memori kepala, menghindari cerita mitos-mitos tertentu yang tidak baik dan tidak terbukti secara ilmiah tentang ibu hamil dapat mengurangi stres selama kehamilan.

Cara Mengatasi stres pada ibu hamil selama kehamilan

  • Mengkonsumsi makanan sehat, cukup mengandung protein dan suplemen lain untuk ibu hamil, informasi selengkapnya disini: Nutrisi dan Gizi untuk ibu hamil
  • Mengikuti senam hamil sebagai proses latihan gerakan untuk melatih otot dan menjaga pikiran tetap segar, informasi selengkapnya disini: manfaat gerakan latihan senam ibu hamil
  • Berinteraksi dengan sesama wanita hamil lainnya untuk berbagi cerita tentang masalah ibu hamil dan mendapat masukan serta saran bermanfaat dari ibu hamil yang telah berpengalaman.

Bahaya Stres Ibu Hamil Pada Bayi Dalam Kandungan

Stres tingkat tinggi yang dialami ibu hamil dapat menyebabkan konsekuensi negatif kepada bayi dalam kandungan, seperti:

  1. Meningkatkan resiko keguguran pada trimester pertama kehamilan. Stres itu melepaskan hormon hidrokortison mewakili alarm sinyal untuk tubuh dengan menunjukkan bahwa kondisi sang ibu tidak memungkinkan untuk kehamilan.
  2. Komplikasi Obstetri.
  3. Kelahiran prematur.
  4. Saat persalinan berat badan bayi rendah dibawah standar.
  5. Bayi dikhawatirkan mengalami kesulitan pengembangan intelektual.
  6. Meskipun hasilnya tidak konklusif, namun diyakini bahwa tingkat tinggi stres ibu hamil selama kehamilan dapat menyebabkan masalah-masalah emosional pada bayi.

Semoga informasi diatas mampu memberikan wawasan baru dan meningkatkan kesadaran bagi anda ibu hamil muda untuk mempersiapkan diri dan terhindar dari Penyebab Stres Saat Hamil Dan Akibatnya pada Kehamilan silahkan di share agar bermanfaat buat yang lainnya….

Related Post

Bagikan

Lebih lama Manfaat Mengkonsumsi Ikan Saat Ibu Hamil

Lebih baru Persiapan Melahirkan Ibu Hamil Agar Persalinan Lancar

Terkait

Latest