1 Januari 2017 CFD (Car Free Day) Tetap Dibuka Untuk Warga

1 Januari 2017 CFD (Car Free Day) Tetap Dibuka Untuk Warga

Di pergantian tahun 2017 tepatnya Minggu 1 Januari 2017 Car Free Day (CFD) tetap dibuka untuk warga Jakarta, adapun even yang dihentikan sementara adalah “Car Free Night” Lokasi CFN yang berada di wilayah Monas, Jalan MH Thamrin dan Sudirman menjelang tahun baru 2017 ditiadakan sementara karena dialihkan ke beberapa wilayah lain.

Andri Yansah selaku Kepala Dishubtrans DKI Jakarta, Sabtu (31/12) mengatakan acara Car Free Night ditiadakan. Tetapi, Car Free Day akan tetap diadakan, sama seperti setiap hari Minggu biasanya, mulai dari jam 06.00 sampai 11.00 WIB.”

Keputusan pengalihan tempat hiburan seperti panggung pagelaran ke lokasi lain melewati pertimbangan dari Pemprov DKI yang bekerja bersama dengan Polda Metro Jaya dengan melakukan pengkajian akan dampak penyelenggaraan pesta tahun baru tersebut.

Pertimbangan lainnya karena adanya pembangunan MRT di sepanjang jalur Sudirman hingga Thamrin, serta jalan layang Susun Semanggi, menurut AKBP Budianto, Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya.

Dengan mempertimbangkan kondisi tersebut acara Car Free Night saat tahun baru dibatalkan dan panggung-panggung hiburan dipindahkan ke lima wilayah Kota Jakarta, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.

AKBP Budianto mengatakan, “Pembangunan tersebut, secara otomatis mengurangi kapasitas jalan secara signifikan. Kondisi ini akan semakin padat jika di koridor jalan tersebut dibangun panggung hiburan, dan membludaknya arus masyarakat yang menuju titik tersebut, bisa mengakibatkan arus lalu lintas macet total.”

“Masyarakat tetap dapat melakukan kegiatan olah raga dijalur Car Free Day. Penutupan jalan yang diberlakukan juga masih sama, yaitu di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman – MH Thamrin,” Andri Yansyah menambahkan.

Tahun Baru 1 Januari 2017 “Tidak adanya even Car Free Night, artinya lalu lintas di Sudirman – Thamrin tetap berjalan seperti biasa, tidak ada penutupan jalan. Tetapi saat Car Free Day (CFD) 2017, penutupan jalan akan kembali dilakukan di sepanjang kawasan tersebut,” Andri menjelaskan.