Malware Gooligan Telah Menyerang Satu Juta Akun Google

0
107

OmediaPc – Sebuah varian baru dari malware Android telah menembus keamanan lebih dari 1 juta akun Google, kata perusahaan software berbasis di Tel Aviv Check Point Software Technologies, hari Kamis.

Malware Gooligan Telah Menyerang Satu Juta Akun Google

Gooligan adalah malware yang disebutkan telah berakar melalui perangkat Android dan pencurian email dan token otentikasi yang tersimpan di dalamnya, yang memungkinkan penyerang untuk mengakses data pengguna sensitif pada Gmail, Foto Google, Google Docs, Google Play, Google Drive dan G Suite.

“Pencurian ini telah menjangkiti lebih dari satu juta akun Google, fenomena yang sangat memprihatinkan dan merupakan tahap berikutnya dari serangan cyber,” kata perusahaan produk mobile kepala Michael Shaulov dalam siaran pers. “Kami melihat pergeseran dalam strategi hacker, kini menargetkan perangkat mobile untuk mendapatkan informasi sensitif yang tersimpan di dalamnya.”

Malware Gooligan dilaporkan telah menginfeksi 13.000 perangkat setiap hari, sekitar 40 persen berada di Asia dan 12 persen di Eropa, target sasarannya adalah OS Android Jelly Bean, KitKat dan Lollipop (hampir 74 persen perangkat Android yang digunakan saat ini) dan terinstal sedikitnya 30.000 aplikasi pada perangkat setiap hari.

Langkah penjangkitan Malware Gooligan dimulai ketika pengguna mendownload dan menginstal aplikasi Gooligan yang terinfeksi pada perangkat Android yang tidak memiliki sekuritas, atau mengklik link berbahaya dalam bentuk phishing / alamat palsu.

Menurut laporan, kini Google mengatakan telah mengambil tindakan, termasuk menghubungi pengguna yang terkena dampak malware Gooligan dan mencabut token mereka kemudian menghapus aplikasi yang berhubungan dengan kerabat Ghost push dari Google Play.

BAGIKAN
Berbagi tips dan informasi di media internet semoga bermanfaat untuk umat, khairunnas anfa'uhum linnas