OmediaPc News - Portal Berita Indonesia

Mengenang Suyadi Tokoh Pencipta Karakter Si Unyil

oleh Dan Andry

Bagikan

Suyadi Tokoh Pencipta Karakter Si Unyil

OmediaPc – Tak banyak orang tahu siapa Suyadi yang diperingati Google doodle Hari Ini, namun jika kita melihat sosok tokoh berkumis tebal memakai blangkon dengan logat bicara jawa medok tentu tak akan ragu lagi, dialah Pak Raden seorang tokoh yang begitu terkenal dalam serial televisi Si Unyil yang populer ditahun 80-an.

Biografi Suyadi alias Pak Raden, beliau lahir di Puger, Jember, Jawa Timur, tanggal 28 November 1932 dan meninggal dunia di Jakarta, 30 Oktober 2015 (82 tahun) adalah sosok dibalik pencipta karakter Si Unyil sebuah boneka tangan yang digemari anak-anak ditahun 80-an

Si Unyil adalah serial televisi Indonesia kala itu tayang di TVRI setiap hari minggu, Suyadi menciptakan karakter Si Unyil sebagai sebuah acara yang sangat mendidik bagi anak-anak Indonesia. Keragaman budaya dan alur cerita yang begitu kental akan edukasi menjadi ciri khas si Unyil dalam menyampaikan drama sekolah dan kegiatan sehari hari anak.

Mengenang Suyadi Tokoh Pencipta Karakter Si Unyil
Copyright Google Doodle

Peran Suyudi di serial Si Unyil sebagai Pak Raden sangat kental akan tokoh orangtua pelit jika dimintai buah mangga oleh anak-anak namun disisi lain Tokoh Yang suka mendumel dengan suara khasnya ini begitu dekat dengan mereka, jiwa nasionalis Pak raden kentara di saat Unyil dan kawan-kawan melakukan kegiatan sekolah dan peringatan hari Nasional, Pak Raden sering muncul sebagai pendorong semangat bagi anak-anak untuk mencintai tanah air dan persahabatan.

Tokoh dibelakang “Pak Raden” Drs Suyadi adalah lulusan seni rupa Institut Teknologi Bandung (1952-1960) kemudian melanjutkan pendidikannya belajar animasi ke Perancis (1961-1963).

Suyadi sepanjang hayatnya selalu memerankan tokoh Pak Raden meskipun kemudian Si Unyil tidak lagi tayang di televisi karena kalah populer dengan kartun-kartun asal Jepang yang menjamur di tv nasional, Suyadi tetap akrab dan identik dengan karakter Pak Raden yang berkumis tebal, membawa tongkat dan memakai blankon.

Di akhir hayatnya Suyadi tetap menjadi sahabat bagi anak-anak Indonesia, ia banyak menulis cerita, pembimbing melukis bagi anak-anak dan pendongeng yang disukai karena karakter uniknya yang melekat begitu akrab sebagai Pak Raden. Suyadi meninggal dunia hari Jumat tanggal 30/10/2015 malam di usia 82 tahun.

Related Post

Bagikan

Lebih lama Sopir Taksi Ini Memakai Kostum Kera Sakti Sun Go Kong Saat Bekerja

Lebih baru Fakta Tentang Pak Raden “Suyadi” Tokoh Yang Mengabdikan Diri di Dunia Anak

Terkait

Latest