Sejarah dan Statistik Kejuaraan Balap MotoGP Sepang Malaysia

Sejarah dan Statistik Kejuaraan Balap MotoGP Sepang Malaysia

Sejarah dan Statistik Kejuaraan Balap MotoGP Sepang Malaysia, grand prix ke 26 kali akan diselenggarakan di Malaysia pekan nanti dan di bawah ini adalah beberapa fakta dan statistik yang terkait dengan balapan MotoGP Sepang 2016.

OmediaPc.com – Grand Prix Malaysia pertama kali diadakan pada tahun 1991 dan telah berlangsung setiap tahun sejak mengikuti GP dunia sebagai tuan rumah dengan tiga sirkuit berbeda yang telah digunakan yaitu; Shah Alam, Johor dan Sepang.

Pertama kali Grand Prix Malaysia diadakan di sirkuit Shah Alam pada tahun 1991, debut kemenangan di kelas utama dibukukan oleh John Kocinski yang mengendarai Yamaha. pengendara Italia itu mendominasi kelas terbawah sementara Luca Cadalora (Honda) memenangkan lomba 250cc dan Loris Capirossi (Honda) di kelas 125cc.

Baca Juga: Berita MotoGP, Rossi: Sirkuit Sepang Malaysia Balapan Terberat Musim 2016

Sirkuit Shah Alam menjadi host acara balapan MotoGP selama tujuh tahun kala itu masih disebut GP dengan 3 kelas, sebelum GP Malaysia pindah ke Johor selama satu musim GP yaitu di tahun 1998. GP Malaysia pertama diadakan di Sepang mulai pada tahun 1999 dan akhir pekan ini akan menjadi ke 18 kalinya diselenggarakan GP Sepang Malaysia untuk MotoGP di musim 2016.

Honda telah memiliki lima kemenangan di sirkuit Sepang di era MotoGP, termasuk selama empat tahun terakhir – tiga kemenangan diraih Dani Pedrosa dan satu oleh Marc Marquez.

Tim Yamaha juga memiliki catatan lima kemenangan MotoGP di Sirkuit Sepang, yang terakhir ditorehkan oleh Valentino Rossi pada tahun 2010, dan merupakan terakhir kalinya pembalap non Spanyol yang naik podium pertama di kelas MotoGP Sepang.

Ducati memiliki rekor cukup membanggakan di MotoGP Sepang Malaysia dengan mengambil tiga kemenangan, Tim Ducati terakhir kali menjuarai MotoGP Malaysia pada tahun 2009 ketika masih diperkuat Casey Stoner. Sejak kemenangan Stoner di tahun 2009 tersebut hasil terbaik bagi Ducati di Sepang adalah tempat keempat pada tahun 2012 bersama Nicky Hayden.

You might also like