Jembatan Ciputrapinggan Pangandaran Ambruk Akibat Banjir Bandang

0
1992

Jembatan Ciputrapinggan yang terletak di Desa Putrapinggan Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran ambruk, kejadian ini dilaporkan terjadi akibat banjir bandang di Pangandaran sekitar pukul 18.30 WIB Hari Minggu 9/10/16.

OmediaPc.com – Akibat amblasnya jembatan Ciputrapinggan yang disebabkan derasnya hujan yang mengguyur kawasan Pangandaran dan sekitarnya selama tiga hari berturut-turut membuat arus lalu lintas terputus dari Pangandaran menuju Banjar dan arah sebaliknya.

Jembatan Ciputrapinggan Pangandaran Ambruk

Kendaraan yang menggunakan jalur ini yang bermaksud keluar dari Pangandaran terpaksa harus memutar dan mencari araah jalur lain.

Warga yang menyaksikan amblasnya Jembatan Ciputrapinggan mengatakan bahwa kekuatan air yang menerjang jembatan akibat derasnya hujan sangatlah besar, banjir bandang membawa volume air yang sangat kuat hingga jembatan tidak bisa menahan besarnya hantaman air.

Jembatan Ciputrapinggan Pangandaranyang terletak di dekat Gardu Induk PLN ambruk patah di bagian tengahnya. Dampak kerusakan terlihat dengan banyaknya retakan disekitar area jembatan

banjir bandang pangandaran

Ambruknya jembatan tersebut akibat hujan yang mengguyur selama tiga hari terus menerus di wilayah Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya.

Hingga saat ini petugas keamanan beserta elemen masyarakat lainnya telah berada di lokasi, untuk mengamankan kawasan jembatan yang ambruk dengan memasang garis line agar pengguna jalan tidak masuk ke area yang mengalami bencana.

Akibat volume air yang menerjang Jembatan Ciputrapinggan sangat besar diperkirakan akan membuat jebatan roboh.

Berita Jembatan Ciputrapinggan Pangandaran ambruk, update:

1) Jalur utama menuju ke dan dari pangandaran tertutup, kendaraan-kendaraan yang biasa melintasi dilarang lewat. Jalur alternatif dari Pangandaran menujuke Banjar bisa lewat langkap lancar – selasari – kalijati.
Ke arah Tasikmalaya bisa lewat Cimerak – Sindangsari – Legok – Cikalong – Cikatomas.
Ke arah Bandung – Garut – Cianjur – Sukabumi bisa lewat Cimerak – Cikalong – Pameungpeuk.

2) Longsor dan banjir di perbatasan jawa barat – jawa tengah (arah randegan kota banjar di tutup) peralihan jalan menuju jawa tengah lewat jalur alternatif langensari, kota banjar.

3) Terdapat longsor di daerah situ batu kota banjar jawa barat.

4) Debit air sungai citanduy naik warga diharapkan waspada.

Ambruknya Jembatan Ciputrapinggan Pangandaran disebabkan banjir bandang dengan arus besar dan sangat kencang. Arus air yang membawa debit besar dan barang-barang membentur pondasi jembatan sehingga diperkirakan menjadi penyebab jembatan amblas.

BAGIKAN
Berbagi tips dan informasi di media internet semoga bermanfaat untuk umat, khairunnas anfa'uhum linnas