Jutaan Jemaah Haji 2016 Berkumpul Di Mekah Siap Melaksanakan Wukuf di Arafah

Info Haji 2016: Jutaan umat Muslim mulai tiba dan berkumpul dikota Mekah untuk bersiap siap melakukan rukun haji yang pertama yaitu wukuf di Arafah tanggal 10 September

Lebih dari 1,5 juta orang calon jamaah dari seluruh dunia mulai memasuki kota mekah Arab Saudi untuk melakukan ibadah Haji tahun ini. Ibadah Haji adalah Rukun Islam kelima yang diajarkan baginda Nabi Muhammad SAW kepada mereka (umat muslim) yang mampu (baik segi materi dan kesehatan) yang disampaikan lebih dari 1.400 tahun yang lalu.

Jutaan Jemaah Haji 2016 Mulai Berkumpul Di Mekah

Para jamaah haji 2016 yang berasal lebih dari 150 negara mulai berkumpul pada hari Jumat 9 September di kota Mekah, salah satu tempat yang disucikan dalam agama Islam, Jamaah yang tiba di Mekah ini akan bersiap siap melakukan ritual ibadah haji selama lima hari yang akan dimulai pada hari Sabtu, 10 September.

Berita Haji 2016: Pihak berwenang Saudi dilaporkan telah memasang kamera pengintai baru berjumlah hampir seribu unit untuk memantau keamanan di sekitar Masjidil Haram, Mekkah, kamera CCTV ini akan memantau kerumunan jumlah jamaah, dan prosesi ibadah jumrah/balang (pelemparan batu), sehingga kontrol secara visual ini diharapkan lebih dapat memberikan laporan lebih detil daripada tahun sebelumnya.

Gelang Elektronik Haji 2016

Sebagai informasi tambahan, untuk pertama kalinya, para peziarah akan diberikan gelang elektronik yang menyimpan informasi pribadi dan catatan medis yang akan membantu pemerintah Saudi menyediakan perawatan dan mengidentifikasi ID para jamaah haji tahun ini.

gelang haji

Teknologi Gelang haji ini bersifat tahan air dan terhubung ke GPS, perangkat juga akan memberi arahan waktu berdoa dan mendukung multi bahasa yang akan memandu jamaah haji selama melakukan ritual ibadah haji.

Gelang haji elektronik mulai diperkenalkan otoritas Haji Arab Saudi demi untuk meminimalisir insiden yang menimpa jamaah haji tahun lalu, dimana saat itu korban tewas saat pelemparan jumrah diperkirakan mencapai lebih dari 750 orang. Namun, menurut laporan lain dari negara yang mengikuti prosesi ibadah haji 2015, lebih dari 2.000 orang dilaporkan telah meninggal dunia kala itu, menurut kantor berita.

Ibadah Haji wajib hukumnya bagi setiap muslim yang berkemampuan, baik dari segi keuangan maupun dari segi kesehatan, ibadah haji wajib dilakukan setidaknya sekali dalam seumur hidup.

You might also like