OmediaPc News - Portal Berita Indonesia

Asep Sunandar Sunarya Dalang Legendaris Di Google Doodle

oleh Dan Andry

Bagikan

(OmediaPc) Google Doodle hari ini merayakan hari kelahiran Asep Sunandar Sunarya ke 61, bagi kalangan pecinta seni sunda wayang golek nama Dalang Asep Sunandar tidak akan asing lagi, karena beliau adalah salah satu dalang legendaris dari tanah pasundan Jawa Barat.

Wayang golek ditangan Asep Sunandar menjadi terkenal dan lebih terbuka menerima aspirasi serta merubah tatanan tradisional menjadi lebih dinamis dan masuk kesegala segmen industri, beliau berhasil mengadopsi pengaruh kemajuan zaman dan mendistribusikannya kedalam seni sunda wayang golek.

Asep Sunandar Sunarya Dalang Legendaris Jawa Barat Dirayakan Google Doodle

Perkembangan seni tradisi di era teknologi mau tak mau harus berjalan beriringan dalam memenuhi tuntutan jaman, dan inilah yang dilakukan seorang Asep Sunandar di masa hidupnya, keberhasilan kang haji asep atau orang sunda lebih akrab dengan memanggilnya “Abah” menjadi tolak ukur para seniman muda khususnya dalang-dalang penerus beliau dimasa kini.

Wayang golek ditangan abah asep berhasil keluar dari “tetekon” tanpa harus kehilangan jati dirinya, perpaduan teknik pedalangan dalam mensinergikan antara seni tradisional dan modern menjadi ciri khas beliau menciptakan karakter tambahan yang sangat menghibur dan memberi wacana baru bagi pecinta seni tradisi adi luhung.

Biografi Asep Sunandar Sunarya

Asep Sunandar Sunarya lahir di Jelekong Bale Endah Bandung pada tanggal 3 September 1955 dan meninggal dunia 31 Maret 2014 diusia 58 tahun.

Abah Asep adalah maestro dalang wayang golek di Indonesia, mulai dikenal dan terjun kedunia pewayangan pada tahun 1970, beliau merupakan putra Abah Sunarya yang juga merupakan dalang senior ditanah sunda.

Kiprah Asep Sunandar Sunarya dalam mempersembahkan lakon wayang golek banyak melibatkan beragam unsur, mulai dari cerita lakon wayang itu sendiri, seni tarian yang diiringi gamelan, seni pertarungan, seni suara dari berbagai jenis karakter wayang dll, dan yang menjadi andalan suguhan pagelaran beliau adalah munculnya karakter si cepot yang menjadi daya tarik utama bagi penonton.

Abah asep dikenali memiliki rasa humor tinggi, dan karakter si cepot beserta keluarganya yaitu Semar, cepot/astrajingga, dawala dan gareng menjembatani seni tradisional menjadi mudah diterima kalangan masyarakat kekinian.

Ditangan Asep Sunandar Sunarya karakter cepot dan wayang golek dikenal luas, bukan hanya ditanah sunda tapi sampai ke benua lain seperti Amerika, Asia dan eropa, dimana beliau sering diundang untuk melakukan pagelaran wayang golek dinegara-negara tersebut.

Related Post

Bagikan

Lebih lama Samsung Tarik Kembali Galaxy Note 7 Dan Memberhentikan Penjualan

Lebih baru Perampokan di Pondok Indah Pelaku Menyandera 4 Korban

Terkait

Latest