Ilmu Bagaikan Binatang Buruan – Imam Syafi’i

0
1764

“Ilmu Bagaikan Binatang Buruan” sebuah syair kalimat dari Imam Syafi’i Rahimakumullah yang mengandung arti begitu dalam untuk ditelaah. begitu pentingnya substansi ilmu untuk kita fahami bukan hanya sebatas diperlihatkan atau diperdengarkan tetapi merujuk kepada keharusan untuk diabadikan dalam sebuah tulisan yang kokoh.

Ilmu Bagaikan Binatang Buruan

” قَالَ اْلإِمَامُ الشَّافِعِيُّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ”
العِلْمُ صَيْدٌ وَاْلكِتَابَةُ قَيْدُهُ قَيِّدْ صُيُوْدَكَ بِاْلحِبَالِ اْلوَاثِقَةِ
فَمِنَ اْلحَمَاقَةِ أَنْ تَصِيْدَ غَزَالَة  وَ تَتْرُكُهَا بَيْنَ اْلخَلاَئِقِ طَالِقَةً

“Ilmu bagaikan hewan buruan, dan tulisan/pena adalah ibarat tali pengikatnya. Oleh karena itu ikatlah hewan buruanmu dengan tali yang kuat, Adalah tindakan bodoh ketika berburu rusa kemudian setelah rusa itu berhasil ditangkap, kamu biarkan saja dia tanpa diikat dikeramaian.”

Ilmu menjadi tolak ukur dalam memahami sesuatu karena ilmu mensifati pengetahuan akan sesuatu tersebut, sebuah ilmu dikatakan bermanfaat apabila orang yang berilmu mampu mengamalkan ilmunya untuk diterapkan.

Orang yang berilmu mendapat kedudukan tinggi di hadapan sang khalik dan mengamalkan ilmunya untuk kemaslahatan umat, apabila ilmu tidak diabadikan dalam sebuah tulisan baik itu berbentuk buku ataupun media lain, maka bagaimana orang lain akan mempelajari ilmu tersebut, sehingga manfaat ilmu dapat tersebar secara terus menerus dengan menorehkannya ke dalam tulisan yang baik dan benar

Definisi lain untuk Ilmu adalah ibarat cahaya, Ilmu mampu menerangi orang yang memerlukan cahaya ketika berada dikegelapan, dengan memiliki ilmu, sesorang akan bangkit dari keterpurukan karena ilmu mampu memberikan jalan keluar dan menjadi penerang hidup. Oleh karena itu sudah seharusnya kita menuliskan ilmu yang kita peroleh agar menjadi cahaya bagi diri kita sendiri dan menjadi penerang untuk orang lain, aamiin….

 

BAGIKAN
Berbagi tips dan informasi di media internet semoga bermanfaat untuk umat, khairunnas anfa'uhum linnas