Biografi Pandit Ravi Shankar Legenda Musik Tradisi India

Pandit Ravi Shankar adalah musisi legenda dunia, ia merupakan seorang komposer, pemain dan sarjana musik klasik India. Shankar lahir tanggal 7 April 1920 di Varanasi Uttar Pradesh dan meninggal dunia 11 Desember 2012 di La Jolla, San Diego California, Dia adalah salah satu ikon seniman budaya terkemuka dari abad 20 dengan segudang prestasi dan menempatkannya sebagai tokoh maestro musisi tradisional India yang terkenal karena kepiawaiannya memainkan alat musik sitar.

Ia pindah ke Paris pada tahun 1930 dan sebagian besar masa pendidikannya diperoleh di francis. Sejak usia 12 tahun ia tampil bersama dengan saudaranya Uday Shankar sebagai seorang musisi serta penari dalam tur Eropa dan Amerika, konser pertamanya pada tahun 1939 memberi kesempatan kepada Ravi Shankar untuk bermain sebagai pemain solo di sebuah konferensi musik di Alahabad.

Biografi Pandit Ravi Shankar Legenda Musik Tradisi India

Fakta Dan Biografi Pandit Ravi Shankar Legenda Musik Tradisi India

Pandit Ravi Shankar merupakan murid dari Allauddin Khan seorang pendiri sekolah musik klasik India bernama Maihar gharana, Ravi Shankar adalah seorang instrumentalis India yang terkenal dengan karya musikalitasnya yang membawa kekuatan dan pesona musik klasik tradisi India ke dunia Barat.

Upaya Pandit Ravi Shankar memperkenalkan musik klasik tradisional india bekerja sama dengan The Beatles khususnya sang gitaris George Harisson dan tentu saja karena kharisma Shankar sendiri yang membuatnya berhasil memasuki industri musik barat sehingga membuat kariernya bertahan selama lebih dari enam dekade, oleh karena itu Shankar didaulat sebagai pemegang Rekor Guinness Book untuk seniman yang berkarier diajang internasional dengan rekor terlama.

Sebagai seorang komposer dan pemain musik klasik India, Ravi Shankar mempunyai perjalanan panjang dan dihormati karena dedikasinya, tak hanya itu ia juga memiliki banyak rekaman, pernah melakukan pertunjukan di banyak tempat-tempat terkemuka di dunia, dan melakukan serangkaian kolaborasi bersama musisi terkemuka lainnya.

Meskipun ia dikenal sering berinteraksi dengan musik populer dunia namun Ravi Shankar dianggap sebagai tokoh internasional terkemuka yang memiliki kaidah seni sangat tinggi, ya keahliannya dalam memainkan alat musik Sitar dan memainkan lagu hindustani mengantarkan Shankar sebagai salah satu tokoh penting yang mengusung seni budaya tradisi india didunia.

Ia mulai karir sebagai komposer dengan menulis musik untuk pertunjukan seni balet dan film terkenal seperti seperti Dharti Ke Lal dan Neecha Nagar. Ia juga menggubah lagu Sare Jahan Se Accha yang merupakan salah satu lagu paling terkenal di India.

Pada tahun 1949 Pandit Ravi Shankar menjadi direktur musik di radio “All India” kota Delhi dan mendirikan sebuah musik orkestra bernama Vadya Vrinda Chamber Orchestra. Tahun 1950 sampai 1955 merupakan periode emas aktivitas komposer, terutama di studio film Internasional yang diakui, Calcutta, dimasa jayanya dalam karir bermusik ini ia berhasil mencetak The Ray Triology.

Atas kontribusinya yang luar biasa untuk peranannya dalam bidang musik dan budaya, Pandit Ravi Shankar menjadi orang pertama yang menerima salah satu dari lima penghargaan Presiden pada tahun 1962, anugrah tersebut merupakan kehormatan tertinggi India dalam karya seni.

Pertengahan tahun 1960-an, kepiawaianya dalam bermain musik sitar dan telah dikenal sebagai musisi tradisional India menarik minat seorang George Harrison gitaris dari band The Beatles untuk belajar kepadanya demi mendalami musik Hindustani.

Ravi Shankar meninggal dunia pada umur 92 tahun setelah menjalani operasi jantung, sang maestro India yang menempatkan sitar dalam peta musik. George Harrison memanggilnya “godfather musik dunia” visinya membawa suara raga kedalam kesadaran manusia. Ia adalah seniman dan komposer substansial yang menjembatani musik dua dunia berbeda antara India dan Barat.