Cara Backup Pesan Whatsapp Android Dan iPhone

0
1005

Cara Backup Pesan Whatsapp Android Dan iPhone

Untuk membackup pesan dan percakapan aplikasi whatsapp di android dan iPhone sangat mudah sebenarnya, ketika akan mengganti handphone atau smartphone ke gadget yang baru kita bisa mengembalikan pesan whatsapp yang telah tersimpan pada hp lama bisa kita restore kembali saat menginstal whatsapp di gadget yang lain.

Cara Backup Pesan Whatsapp Android Dan iPhone juga dapat memberi solusi bagi pengguna gadget yang akan mereset device karena alasan-alasan tertentu, riwayat percakapan dan pesan penting dalam whatsapp akan dikembalikan sesuai aslinya dengan melalui beberapa langkah mudah pengembalian data pesan dan riwayat percakapan.

Backup Pesan Whatsapp Android Dan iPhone

Selama ini kita jarang memikirkan untuk membackup pesan-pesan penting dalam aplikasi saat akan mereset atau mengganti hp, terlebih jika ingin membeli gadget baru padahal data tersebut dapat dengan mudah kita backup dan restore kembali, sehingga dengan pengembalian riwayat percakapan dalam aplikasi whatsapp kita tidak akan kehilangan data pesan percakapan dan tetap dapat ditampilkan pada device yang baru.

Cara Backup Pesan Whatsapp Android Dan iPhone bisa kita lakukan melalui 2 langkah mudah, silahkan pilih yang menurut anda lebih cocok dan sesuai.

Mengembalikan pesan whatsapp melalui PC / komputer

  1. Untuk smartphone yang tidak menggunakan kartu memory eksternal atau SD card, anda bisa membackup dan menggunakan metoda pengembalian data melalui PC, langkah awalnya adalah hubungkan handphone dengan usb pc melalui kabel data lalu biarkan system komputer menginstal device dan driver hp, biasanya proses ini secara otomatis akan langsung berjalan ketika Hp terkoneksi via kabel data dengan Pc.
  2. Agar semua file dan dokumen gadget bisa terbaca di komputer, anda dapat memilihi opsi yang lebih komplit dengan menginstal pc suite dari gadget anda, selanjutnya setelah selesai terinstal, buka file explorer devisnya, pada tampilan ini semua data hp anda akan terlihat difolder pc, dokumen seperti folder penyimpanan foto, musik, atau file-file lain akan terpampang disini, untuk membackup pesan WA, anda masuk ke folder penyimpanan aplikasi WA dan copy folder tersebut lalu paste ke hard drive komputer, folder inilah yang akan menjadi backupan nantinya
  3. Setelah melepas hp lama dari pc, kemudian tancapkan hp baru untuk mengambil folder backup whatsapp, langkah instalasinya sama dengan sebelumnya, copy folder WA tersebut lalu pindahkan ke penyimpanan internal Hp selanjutnya isntal aplikasi Whatsapp dan lakukan pengembalian data pesan percakapan, dari sini seharusnya proses mengembalikan riwayat pesan Wa di Hp lama sudah bisa dilihat dari gadget yang baru

Mengembalikan pesan Whatsapp di iPhone

  • Untuk melakukan backup percakapan dan pesan WA pada iPhone lama dapat dilakukan melalui pengaturan aplikasi WA, tekan whatsapp setting => Chat => Chat Backup. lalu pilih backup Now.
  • Selanjutnya di iPhone baru yang menjadi tujuan pemasangan aplikasi, install WA lalu isikan konfirmasi nomor hp yang teregistrasi sebelumnya kemudian akan ada notif yang menawarkan untuk mengembalikan riwayat percakapan, silahkan pilih untuk mendapatkan kembali pesan-pesan WA yang sama dari iPhone lama anda.

Demikian cara backup pesan whatsapp android dan iPhone, tips lain yang dapat anda gunakan untuk mengembalikan pesan WA dari hp lama adalah dengan menggunakan memory card dan layanan google drive, cara kerjanya kurang lebih sama dengan uraian diatas, semoga bermanfaat

BAGIKAN
Berbagi tips dan informasi di media internet semoga bermanfaat untuk umat, khairunnas anfa'uhum linnas