Tips Mengatasi Inkontinensia Urin Ibu Hamil

0
562

Jurnal kali ini megetengahkan tips dan latihan untuk mengatasi inkontinensia urin pada ibu hamil, dengan kata lain selama kehamilannya wanita hamil terkadang sulit mengontrol urin atau sering ngompol pada saat mengandung.

Ada banyak gejala yang muncul selama periode kehamilan, diantaranya terjadinya mual-mual saat memasuki kuartal pertama, mengalami peningkatan ukuran rahim dan terakhir adalah gejala emosional di kuartal ketiga, gejala lain yang timbul antara lain: pembengkakan, kram kaki atau betis, sulit mengontrol pembuangan urin (air kencing) yang lebih dikenal dengan masalah inkontinensia pada ibu hamil.

Tips Mengatasi Inkontinensia Urin Ibu Hamil

Arti Inkontinensia urin adalah?

Inkontinensia urin adalah proses keluarnya urin yang terjadi akibat adanya gerakan tertentu pada tubuh ibu hamil misalnya, mengalami batuk, gerakan latihan, bersin, dll. keluarnya air kencing secara tidak sengaja (ngompol) kerap terjadi pada ibu hamil.

Kondisi ini terjadi ketika otot-otot dasar panggul melemah, menyebabkan urin dengan mudah keluar dengan sendirinya. Selama kehamilan, kondisi ini biasanya terjadi pada trimester ketiga, waktu di mana kandung kemih mengalami tekanan oleh rahim. Selain itu, hormon kehamilan berperan melakukan persiapan untuk melahirkan dan menyebabkan inkontinensia..

Bagaimana Tips mengatasi inkontinensia urin saat hamil?

Pertama, sangat penting untuk memahami kinerja panggul anda. Ini bagian dari tubuh yang dibentuk oleh tiga lapisan otot, berfungsi sebagai pelindung untuk kandung kemih, usus, dan rahim. Fungsinya adalah untuk mengontrol pelepasan air kencing dan kotoran. Namun, ketika otot-otot tersebut melemah atau rusak kemungkinan terjadinya inkontinensia bisa sangat terjadi bahkan pada ibu yang tidak hamil sekalipun terutama menjelang lansia.

Cara terbaik untuk menghindari kondisi inkontinensia pada kehamilan adalah melalui pencegahan, yaitu dapat dicapai melalui penguatan otot-otot yang membentuk dasar panggul.

Cara mengobati inkontinensia urin

Untuk mencegah inkontinensia dan mengobatinya, yang paling dianjurkan adalah untuk melakukan latihan yang memperkuat tonifiquen otot-otot dasar panggul. Melalui latihan yang teratur, latihan ini akan terlihat hasilnya dalam mengatasi masalah urin. Namun, apabila langkah tersebut telah anda lakukan dan tidak ada perbaikan, cara terbaik ialah harus berkonsultasi dengan dokter Anda. Silahkan di share agar bermanfaat buat yang lainnya…

BAGIKAN
Berbagi tips dan informasi di media internet semoga bermanfaat untuk umat, khairunnas anfa'uhum linnas